ICMI dan Setara Distribusikan Air Bersih

SERANG, (KB).- Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Kabupaten Serang bersama Solidaritas Serang Utara (Setara) mendistribusikan air bersih sebanyak 800 liter Ciruas, Lebak wangi, Pontang, Tirtayasa dan Tanara, Kabupaten Serang, Ahad (25/8/2019). Pendistribusian air bersih ini dalam rangka membantu masyarakat yang sedang kesulitan air bersih akibat kemarau panjang.

Ketua ICMI Orda Kabupaten Serang Lutfi mengatakan, sumber dana yang digunakan untuk distribusi air bersih tersebut hasil dari donasi swadaya, infaq sedekah dari para dermawan melalui posko peduli Serang Utara.

“Upaya ini merupakan salah satu sedikit peran sosial para pemuda yang tergabung dalam wadah organisasi Solidaritas Serang Utara bersama ICMI Orda Serang, yang melihat masih banyak warga yang belum tersentuh bantuan air bersih dan sangat membutuhkan,” katanya.

Ia berharap, pemerintah daerah lebih responsif terhadap keadaan masyarakat Serang Utara terutama saat musim kemarau seperti ini. “Di mana air merupakan kebutuhan pokok yang urgent dan sumber kehidupan,” ucapnya.

Pihaknya menyadari, upaya yang dilakukan tersebut masih jauh dari harapan masyarakat. “Di mana di antara potensi daerah Serang Utara sebagai penghasil padi untuk musim tahun ini gagal total, para petani mengalami kerugian besar sawah mengering,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, waduk air sungai Ciujung Lama sudah hampir mengering. “Sampai menjelang akhir 2019 ini rencana pemerintah menormalisasi sungai Ciujung lama di Pontang, Tirtayasa sepertinya hanya sebatas wacana pepesan kosong. Seperti tidak ada keseriusan dengan alasan gagal lelang,” katanya.

Sampai saat ini banyak tokoh masyarakat dari berbagai desa di Serang Utara yang mempertanyakan kapan pemberian air bersih bisa dilakukan. “Tentunya Setara hadir berupaya menjadi bagian, memfasilitasi membuka posko donasi bagi para dermawan baik dari lembaga atau perorangan,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here