Minggu, 22 Juli 2018

Ibing Sunda Jangan Tergerus Budaya Asing

BANJAR, (KB).- Budaya sunda kian tergerus budaya asing. Dimungkinkan seni ibing sunda hilang akibat perkembangan jaman dan tak “dimumule” nya budaya sendiri, tidak adanya regenerasi sejak dini.

Ketua Panitia Pelaksana, Soleh, berharap melalui pagelaran ibing sunda dari Paguyuban Seni Ibing Sunda Banjar, Banjarsari dan Pamarican (BBP) di Obyek Wisata Lembah Pajamben Binangun, Kec Pataruman, beberapa waktu yang lalu, mampu membangkitkan semangat keanekaragaman budaya bangsa di Indonesia.

“Kami berharap tontonan ibing sunda ini menjadi tuntunan. Pagelaran ini sebagai bagian dari regenerasi, terbukti adanya yang berstatus masih pelajar di SMK Banjar mahir ibing sunda sekarang ini,” tutur Soleh.

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, berharap para pahlawan budaya mampu menjaga dan melestarikan budaya sendiri, dari pengaruh asing. ”Bangsa yang besar, bangsa yang masyarakatnya mampu menjaga budaya warisan leluhurnya. Diharapkan ibing sunda terus dipelihara,” ucap Hj. Ade Uu Sukaesih.

Tidak salah juga, jika melihat contoh baik dan diberlakukan di Negeri Cina dan Jepang selama ini, karena di negara tersebut, anak-anak sudah dilatih menekuni seni dan budaya sendiri.

Suasana pagelaran ibing sunda yang dipelopori Paguyuban Seni Ibing Sunda Banjar, Banjarsari dan Pamarican (BBP) di Obyek Wisata Lembah Pajamben Binangun, Kec Pataruman dirasakan bertambah semarak, setelah Wali Kota Banjar, Hj.Ade Uu Sukaesih bersama Wakil Ketua DPRD Banjar, Nana Suryana dan hadirin lainnya, ngimpyak, ibing bersama-sama. (D.Iwan/KAPOL)***


Sekilas Info

Eksotisme Pulau Sangiang

BAGI pecinta wisata bahari, Pulau Sangiang kiranya tidak boleh sampai terlewat untuk dikunjungi. Sebab, pulau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *