HUT TNI ke-72, Ribuan Pasien Ikuti Operasi Katarak Gratis

SERANG, (KB).- Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar bakti sosial (baksos) Operasi Katarak gratis dalam rangka HUT ke-72 TNI, di RSU Banten, Jl Syeckh Nawawi Albantani, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (6/9/2017). Dalam kegiatan tersebut ditargetkan 2.000 pasien menjalani operasi katarak.

Kegiatantersebut berlangsung mulai 6-11 September mendatang.    Hadir Asisten Teriorial (Aster) Panglima TNI, Mayjen TNI Wiyarto, Sekda Banten Ranta Soeharta, dan Plt Direktur RSU Banten Susi Badriyanti. Kegiatan ini bekerja sama dengan Walubi Sumut, Dinkes Provinsi Banten, organisasi kemanusiaan A New Vision dan forum komunikasi keluarga besar Huang.

Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Wiyarto mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bagian dari kedekatan TNI dengan masyarakat. “Jujur saja saat ini belum mencapai target. Babinsa sudah kami kerahkan untuk jemput ke rumah warga yang menderita katarak, karena mungkin mereka untuk datang ke sini ongkos saja tidak punya. Kami juga minta bantuan pak sekda dan Wakapolda agar informasi ini disampaikan seluas-luasnya,” kata Wiyarto. Ia mengatakan, target operasi katarak per hari sekitar 300-350 pasien. Sebagian besar penderita katarak adalah lansia, namun ada dua pasien yang usianya notabene masih belia. “Saya dulu berpikiran bahwa penderita katarak itu orang-orang tua, tapi tadi kita lihat ada anak usia 11 tahun bahkan ada bayi,” ujarnya.

Sementara Sekda Banten Ranta Soeharta mengatakan, angka katarak di Banten cukup tinggi. Secara nasional penderita katarak mencapai 1,8 persen dari jumlah penduduk. “Dan ternyata Banten juga sama, 1,8 persen. Paling rendah itu DKI hanya 0,9 persen. Ini harus ditekan, diharapan tidak hanya HUT TNI saja tetatpi di hari-hari lain supaya warga Banten bisa melihat sehingga dapat menikmati hidup dengan baik,” ujarnya. Selain operasi katarak gratis, jajaran kodim juga melaksanakan pemeriksaan mata gratis pada 6-8 September di markas kodim masing-masing. (H-42)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here