HUT Ke-74, TNI-Polri Bersinergi Jaga Kedamaian

SERANG, (KB).- Danrem 064/MY Inf. Windiyatno mengatakan, jajaran TNI bersama Polri selalu menjaga solidaritas dan sinergi dalam rangka menjalankan tugas demi menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Banten. Hal tersebut dikatakan Danrem seusai upacara peringatan HUT ke-74 TNI di Alun-alun Barat, Kota Serang, Sabtu (5/10/2019).

Turut hadir Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Sekda Banten Al Muktabar, dan gabungan TNI-Polri se-Banten. Kegiatan tersebut mengusung tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

“Kami berharap masyarakat dapat memahami tugas kami dengan Polri. TNI dan Polri ini solid dalam satu gerakan di bawah pembinaan Kapolda Banten khususnya. Kami pun berusaha tetap menjadi kebanggaan masyarakat,” ujar Danrem, usai melaksanakan upacara di Alun-alun Barat Kota Serang.

Pada kesempatan itu, Danrem juga bicara mengenai pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Ia menjelaskan, pengamanan tetap berada di bawah pimpinan Polri. Namun, pihaknya akan membantu sesuai dengan tugas dan kewajiban untuk menjaga kondusivitas di tengah masyarakat. Sehingga tidak ada perpecahan antar daerah serta di masyarakat.

“Kami berusaha mengajak masyarakat untuk menciptakan Banten yang aman. Karena sejarah yang lalu Pilkades ini menimbulkan perpecahan di masyarakat. Tentu kami tidak ingin hal itu terulang kembali. Biarkan Pilkades atau perjalanan politik ini berjalan sebagaimana mestinya. Jangan menjadikan sarana untuk memecah,” katanya.

Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir mengatakan, pertahanan serta keamanan dapat lebih ditingkatkan untuk bersama-sama menjaga masyarakat yang adil dan makmur. Sehingga, kedamaian, ketentraman dan kesatuan bangsa bisa tercapai dengan baik.

“Saya berharap di HUT ke-74 TNI, bersama-sama TNI-Polri bisa saling menjaga pertahanan. Kemudian, bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga dapat tercipta masyarakat Banten adil dan makmur. Polda Banten dan TNI saling bersinergi untuk menjaga kondusivitas serta keamanan di masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Serang Syafrudin berharap, TNI-Polri dapat melindungi dan mengayomi, khususnya bagi masyarakat Kota Serang. Seperti saat ini, banyaknya demonstrasi di berbagai daerah, serta keributan antar suku di Papua. Tentu hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia berduka.

“Bahkan, di sana juga ada warga kami, yang alhamdulillah sudah dijemput untuk kembali pulang ke kampung halaman. Semoga Indonesia, khususnya Banten dan Kota Serang tetap aman dan damai serta kondusif. Tidak ada keributan yang dapat merugikan banyak orang. Kemudian, TNI-Polri ini dapat menjadi panutan bagi kita semua,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam peringatan HUT ke-74 TNI tersebut, Prajurit TNI unjuk kebolehannya dengan atraksi pencak silat Merpati Putih (MP) dan ketangkasan seperti mematahkan benda keras (hebel, plat baja) dengan tangan kosong yang diperagakan oleh Yonif 320/Batalyon Badak Putih.

Acara tersebut juga menyuguhkan tarian sajojo yang merupakan tarian adat Papua. Ini sebagai upaya memperkokoh persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tarian ini juga diikuti oleh Danrem 064/MY dan Kapolda Banten Irjen serta para ibu Bhayangkari dari jajaran TNI-Polri.

Kapolda beri kejutan

Sementara, sebelumnya Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir memberikan kejutan HUT ke-74 TNI kepada Danrem 064/MY Kolonel Inf. Windiyatno, di kediaman Danrem, Alun-alun Kota Serang, Sabtu (5/10/2019).

Pantauan di lokasi, terlihat Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Banten Ny. Niken Tomsi dan pejabat utama Polda mendatangi kediaman Danrem 064/MY dengan membawa kue ulang tahun. “Selamat Ulang Tahun ke-74 tahun TNI. TNI Profesional Kebanggaan Rakyat,” kata Kapolda Tomsi.

Kedatangan Irjen Pol. Tomsi Tohir beserta pejabat utama Polda Banten disambut langsung oleh Danrem 064/MY beserta kedua orangtuanya. Sesampai di kediaman, rombongan Kapolda Banten langsung memberi hormat kepada kedua orangtua Danrem O64/MY, juga sungkeman kepada kedua orangtua Danrem.

Setelah itu menyanyikan lagu selamat ulang tahun dan dilanjutkan Danrem 064/MY meniup lilin kue ulang tahun. Suasana hangat penuh keakraban tampak di kediaman Danrem. Kejutan tersebut ditutup dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh Kabiddokes Polda Banten Kombes Pol. Naryanan serta dilanjutkan foto bersama sebelum berangkat ke lapangan upacara di Alun-alun Kota Serang.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Kapolda Banten beserta Ibu dan seluruh pejabat utama Polda Banten atas surprise yang diberikan dalam rangka HUT ke-74 TNI. Terima Kasih atas segala support, kerja sama, dan sinergitas yang telah terbangun dengan sangat baik selama ini di wilayah Banten. Kami seluruh jajaran TNI se-Provinsi Banten selalu siap sedia membantu Polri dalam memelihara Kamtib masyarakat. Semoga TNI semakin Profesional dan kebanggaan menjadi Rakyat,” kata Windiyatno. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here