HUT ke-74 RI, 5.668 Napi di Banten Dapat Remisi

SERANG, (KB).- Sebanyak 5.668 narapidana yang tersebar di lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan di Banten mendapatkan remisi pada hari ulang tahun (HUT) ke-74 RI. Dari jumlah ini, 5.474 mendapat remisi umum 1 dan 194 mendapat remisi umum 2 alias langsung bebas.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten Imam Suyudi mengatakan, saat ini di Provinsi Banten ada 11.321 narapidana yang ditampung di 11 Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Provinsi Banten. Tahanan yang dianggap memenuhi kriteria mendapatkan remisi HUT RI.

“Sebanyak 5.668 orang mendapatkan remisi umum. Dengan rincian RU (remisi umum) 1 sebanyak 5.474. Sedangkan RU 2 alias langsung bebas sebanyak 194 orang,” katanya saat acara Pemberian Remisi Dalam Rangka Peringatan ke-74 Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Banten Tahun 2019. Acara dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan IIA Serang, Kota Serang, Sabtu (17/8/2019).

Di tempat yang sama, Sekda Banten Al Muktabar menuturkan, pemberian remisi kepada narapidana merupakan rangkaian peringatan HUT ke-74 RI.

“Program revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan sangat sesuai dengan tema peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, yaitu sumber daya manusia unggul Indonesia maju. Di mana sama-sama memiliki fokus dalam upaya peningkatan sumber daya manusia,” ucapnya.

Program pemasyarakatan yang menjadi pilihan harus mampu menyentuh berbagai program pembinaaan. Sehingga dapat mengantar narapidana menjadi anak bangsa yang berkualitas terampil dan mandirii.

“Pemerintah Provinsi Banten bersama pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Banten selalu mendukung program-program pemerintah, termasuk program hukum dan hak asasi manusia. Di antaranya program peningkatan kesadaran hukum masyarakat dan program bantuan hukum bagi masyarakat,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here