HUT Ke-73 PMI Tingkat Cilegon, Mendorong Kebersamaan dalam Pelayanan Kemanusiaan

Ketua PMI Cilegon, Abdul Hakim Lubis memberikan penghargaan kepada Harian Umum Kabar Banten yang diterima Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat, Rachmat Ginandjar pada Puncak Hari Ulang Tahun ke-73 PMI tingkat Kota Cilegon yang dipusatkan di Rumah Dinas Wali kota Cilegon, Senin (17/9/2018).*

Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 PMI tingkat Kota Cilegon yang dipusatkan di rumah dinas Wali Kota Cilegon, Senin (17/9/2018), berlangsung meriah. Dalam acara yang diawali dengan kegiatan senam massal itu, PMI Kota Cilegon mendorong kebersamaan dalam pelayanan kemanusiaan.

Selain senam massal, acara lainnya yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 PMI di tingkat Kota Cilegon adalah donor darah sukarela serta pemberian penghargaan kepada mitra kerja yakni sejumlah media massa, termasuk Harian Umum Kabar Banten yang diterima Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat, Rachmat Ginandjar.

Ketua PMI Cilegon Abdul Hakim Lubis yang membacakan pidato Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla mengatakan, PMI sebagai satu-satunya perhimpunan nasional di Indonesia yang didirikan berdasarkan konvensi-konvensi Jenewa, merasakan bahwa kebersamaan sungguh merupakan kekuatan.

“Kita semua dalam menggalang semangat berkarya dalam kegiatan pelayanan kemanusiaan. Kebersamaan untuk mendorong dan memberdayakan masyarakat rentan agar lebih mampu dalam penyelamatan hidup dan peningkatan kesejahteraannya,” ujarnya.

Menurut dia, bukan proses yang singkat dan mudah dalam mengembangkan kapasitas organisasi PMI dan jejaringnya yang tersebar di 33 provinsi dan lebih dari 400 kota/kabupaten. “Menjadi tantangan kita semua untuk menjalankan peran sebagai pendukung pemerintah di bidang kemanusiaan dengan tetap mengacu pada kaidah Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional,” tuturnya.

Disinggung mengenai kerja sama dengan media, Lubis menyatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada sejumlah media yang telah bermitra dan bersinergi dan telah memuat kegiatan-kegiatan PMI Kota Cilegon.

“Untuk itu, sebagai bentuk rasa terima kasih kami selaku pengurus PMI Cilegon, memberikan penghargaan kepada sejumlah media baik cetak maupun elektronik atas kerja samanya selama ini. Dan berharap di tahun mendatang lebih ditingkatkan lagi kerja sama publikasi baik event maupun kegiatan PMI di seluruh Kota Cilegon,” ucapnya.

Setelah menyampaikan sambutan, puncak HUT ke-73 PMI dilakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada para tamu undangan di antaranya Dirut BJB Cabang Cilegon, Kasi SDM Basarnas Banten Nono, Kadinkes Dr.Arriadna, Kabid Pencegahan Kekerasan Retno Windarwati, Kasi Kedaruratan pada BPBD Sam Wanggai serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Selalu sigap

Ketua Panitia HUT ke-73 PMI Tingkat Kota Cilegon, Encep Nurdin mengatakan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan seperti lomba menggambar, sosialisasi kepalang merahan bagi murid SD, pengumpulan donasi untuk korban bencana di Lombok, seleksi duta donor darah. “Dan banyak lagi kegiatan lainnya seperti pelatihan PMI di tiap sekolah baik tingkat Mula, Wira dan Madya,” katanya.

Encep mengatakan, keberadaan PMI Kota Cilegon sangat terasa manfaatnya dan sampai saat ini masih tetap eksis dan selalu sigap dalam menangani dan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.”Sesuai dengan tema, Bersama Kita Membantu Sesama Dalam Semangat Kepahlawanan Relawan,” ujarnya. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here