Hujan Deras di Kecamatan Cibeber: Dua Rumah Rusak, Jalan Terendam

Seorang warga melewati genangan air di ruas jalan Legon yang menghubungkan Desa Bayah Timur dengan Desa Cimancak, Jumat (10/4/2020) malam.*

LEBAK, (KB).- Hujan deras dengan intensitas lebat menyebabkan longsor yang merusak dua rumah di Kampung Gunung Bongkok RT/RW 02/01 Desa Gunung Wangun, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Jum’at (10/4/2020), sekitar pukul 18.00 WIB.

Hujan deras hingga malam hari tersebut, juga menyebabkan Sungai Cimadur di Kecamatan Bayah meluap hingga menyebabkan jalan poros desa yang menghubungkan Bayah Timur dengan Desa Cimancak lumpuh karena terendam, sekitar pukul 20.30 WIB.

Camat Cibeber, Toto menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan dan melaporkan kejadian longsor di Kampung Gunung Bongkok, Desa Gunung Wangun. Ia mengatakan, longsor tersebut menyebabkan dua rumah di Kampung Gunung Bongkok RT/RW 02/01 rusak dengan klasifikasi rusak berat dan ringan.

“Hingga saat ini dapat kami laporkan, satu rumah rusak berat dan satu rumah lainnya rusak ringan,” ujarnya.

Terpisah, Camat Bayah, Suyanto mengatakan, hingga malam ini pihaknya bersama relawan terus melakukan pemantauan situasi dan kondisi air sungai Cimadur.

“Sejauh ini luapan air sungai cimadur belum berdampak pada permukiman,” katanya.

Ia mengatakan, meluapnya Sungai Cimadur, merendam ruas jalan Legon yang merupakan penghubung Desa Bayah Timur dengan Desa Cimancak Kecamatan Bayah.

“Alhamdulilah hingga pukul 22.00 WIB, luapan Sungai Cimadur mulai surut. Meluapnya sungai ini akibat hujan dengan intensitas lebat terjadi di wilayah Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak,” katanya. (DH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here