Hudaya Akhiri Masa Tugas, Plt Kepala Bappeda Disiapkan

Hudaya Latuconsina, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten.*

SERANG, (KB).- Kepala Bappeda Banten, Hudaya Latuconsina mengakhiri masa tugasnya, Jumat (29/6/2018). Mantan Pejabat Bupati Serang 2015 tersebut telah memasuki masa pensiun sebagai aparatur sipil negara (ASN) per 31 Juli 2018.
Kiprah Hudaya di Pemprov Banten, cukup moncer dengan menduduki jabatan strategis seperti Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, hingga dipercaya menjabat Pj Bupati Serang pada 2015.

“Hari ini (kemarin), saya terakhir bekerja sebagai ASN. Kalau berkemas sudah kemarin-kemarin, tinggal ngembaliin mobil dinas saja,” ujar Hudaya, ditemui seusai menunaikan Salat Jumat di Masjid Raya Albantani, KP3B, Curug Kota Serang, Jumat (29/6/2018). Untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Hudaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menyiapkan pelaksana tugas (plt) Kepala Bappeda.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Komarudin mengatakan, saat ini BKD sedang mempersiapkan Surat Keputusan (SK) penunjukan Plt Kepala Bappeda. “SK-nya sedang disiapkan,” kata Komarudin yang enggan menjawab siapa pejabat yang ditunjuk sebagai Plt Bappeda.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) nanti diyakini akan memikul tugas berat. Hal tersebut karena saat ini Pemprov Banten sedang menghadapi dua agenda krusial yakni Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 dan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RKUA-PPAS) tahun anggaran 2019.

“Nanti Plt berat juga tugasnya. (Di dinas) Perencana kan enggak bisa oleh orang sembarangan. Harus yang punya kemampuan. Apalagi, kami sekarang lagi nyusun RKPD, RKUA 2019,” ucap Asisten Daerah (Asda) III Setda Banten, Samsir, Jumat (29/6/2018).

Samsir menuturkan, agenda paling dekat yaitu penyusunan RKUA-PPAS yang sudah harus disampaikan ke DPRD Banten Juli mendatang. “Harus selesai di bulan Juli awal-awal lah. Sudah harus disampaikan ke DPRD. Jadi kalau orang yang enggak paham perencanaan dan penganggaran kan lewat itu. Jadi harus yang paham,” tuturnya.

Meski begitu, ia meyakini kepala Bappeda akan dijabat pejabat definitif. Sebab, saat ini seleksi jabatan sudah memasuki tahapan akhir.”Tapi enggak lama kok. Sekarang kan lagi seleksi, paling dua bulan. Itu nanti BKD yang mengusulkan paling tidak tiga nama calon Plt ke gubernur,” tuturnya. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here