Hotel Diminta Buka Akses ke Pantai

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menginstruksikan pemilik hotel di Kawasan Wisata Pantai Anyer-Cinangka membuka akses menuju pantai untuk masyarakat. Hal tersebut dikarenakan, sesuai aturan pantai merupakan kawasan milik negara yang boleh diakses oleh masyarakat umum.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang, Tahyudin mengatakan, pihaknya akan meminta akses jalan ke pemilik hotel dengan lebar tiga meter untuk akses warga ke pantai. “Jarak tiga meter tersebut disatukan dari dua hotel yang masing-masing 1,5 meter. Sekarang memang masih belum ada akses sesuai itu,” katanya, Rabu (14/2/2018).

Ia menuturkan, sesuai aturan pantai merupakan milik negara. Oleh karena itu, untuk masuk ke kawasan pantai seharusnya boleh tidak berbayar. “Tapi, sampai sekarang masih saja ada yang begitu (menutup akses) dan sebagian masih susah,” ujarnya. Oleh karena itu, ucap dia, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap hotel mana saja yang telah membuat akses jalan dan belum.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga sedang gencar mengadakan pembinaan kelompok sadar wisata. Sebab, jika sadar wisata sudah ada, maka sapta pesona wisata akan berjalan. “Untuk kebersihan pantai, selain dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup), setiap Jumat kami datang dan punya gerakan Jumat Bersih. Tapi, walaupun kami siapkan tempat sampah, tapi pengunjung tidak buang sampah di sana, jadi kesadaran pengunjung juga perlu,” tuturnya. (DN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here