Hj. Ida Hamidah: ‎Pemkab Pandeglang Harus Bangun Pusat Kuliner 

PANDEGLANG, (KB).- Anggota Komisi II DPRD Pandeglang, Hj. Ida Hamidah mengatakan, sejakan dengan program setrategis nasional (PSN), pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan jalan tol Serang-Pandeglang. Pemkab Pandeglang harus mulai menata pusat kota agar memiliki daya tarik bagi para wisatawan.

“Salah satu sektor penunjang wisata dan untuk menarik wisatawan masuk ke Pandeglang, maka pemerintah harus membangun pusat kuliner di wilayah perkotaan. Ini bukan saja untuk memenuhi kebutuhan warga, namun pusat kuliner ini untuk menarik wisatawan,” kata Ida kepada Kabar Banten, Jumat (13/10/2017).

‎Menurutnya, Kabupaten Pandeglang sebagai daerah kaya potensi alam, pantai dan wisata gunung akan menjadi satu-satunya destinasi wisata terbagus di Banten. Harapan itu bisa terwujud jika ditunjang oleh pembangunan infrastuktur menuju lokasi wisata.‎

Namun rasanya tidak cukup dengan membangun infrastrukur, tetapi pemerintah harus sudah memulai membangun sentra-sentra kuliner di pusat kota. “Pusat kota harus dilengkapi oleh sentra kuliner baik makanan khas daerah maupun jajanan yang dikemas menarik bagi konsumen,” kata anggota Komisi II DPRD Pandeglang, Hj. Ida Hamidah kepada Kabar Banten, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, tanpa disadari saat ini pusat kota Pandeglang sudah banyak dikunjungi pengunjung. Mereka bukan saja meluangkan waktu liburan untuk menikmati suasana alam di Alun-alun, namun satu persatu tamu mulai mengunjungi jajanan lokal di seberang Alun-alun, di kawasan Perhutani Pandeglang.

Untuk terus memberikan banyak alternatif kuliner, pemerintah harus membuka lokasi kuliner di jalur kota yang aman dari jalan raya. Misalnya di putaran jalan Bhayangkara, Masjid Agung sampai belakang Kodim. Lokasi itu bagus jika infrastrukturnya dibangun dengan paving block dan dilengkapi penerangan jalan umum.

Selain lokasi tersebut, ada lokasi di jalan pusat perkantoran Cikupa. Lokasi tersebut kalau malam hari udaranya sejuk sehingga tepat jika dibangun sentra kuliner malam. “Kalau untuk jalur protokol, depan RSUD Berkah Cikoneng, juga tepat dibangun tempat-tempat kuliner untuk menarik tamu wisata yang hendak ke Carita, dan Tanjung Lesung.

Memang butuh anggaran untuk membuat suasana kota ramai, tapi itu bisa dilakukan dengan menarik investor baik lokak maupun nasional. “Saya yakin, jika daerah ada tempat kuliner, penataan kotanya indah, dan infrastruktur bagus, akan menjadi jembatan untuk menuju kemajuan. Sektor pembangunan itulah yang akan memikat wisatawan dan investor masuk ke Pandeglang,” katanya. (EM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here