HIPPI Dorong Pelaku UKM Kota Serang Berinovasi

Ketua DPC HIPPI Kota Serang Isbandi saat memberikan sambutan pada kegiatan rapat program kerja, di Gedung Korpri Kota Serang, Sabtu (30/11/2019).*

SERANG, (KB).- Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kota Serang mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Serang untuk melakukan inovasi mengembangkan potensi alam dan memanfaatkannya menjadi produk UKM Kota Serang yang menjanjikan. Sehingga produk UKM di Kota Serang dapat bersaing dan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Serang.

“Kota Serang itu kan terkenal dengan ikan bandeng nya sehingga kami mendorong pelaku UKM membuat inovasi dari olahan ikan bandeng serta mengembangkan potensi lainnya di Kota Serang,” ujar Ketua HIPPI Kota Serang, Isbandi, pada rapat Program Kerja Dewan Perwakilan Cabang (DPC) HIPPI Kota Serang, di Gedung Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Kota Serang, Sabtu (30/11/2019).

Untuk tahap pertama, kata dia, pihaknya memfokuskan pada pengembangan usaha kuliner di Kota Serang dan mengenalkan olahan Ikan Bandeng hasil inovasi pelaku UKM di Kota Serang di antaranya Burger Serang (Buser), Tahu Kota Serang (Takose) dan Cendol Bandeng (Ceban).

Ia mengatakan, karena Kota Serang terkenal dengan sate bandeng nya, pihaknya bersama pelaku UKM mencoba mengembangkan kuliner dari olahan Ikan Bandeng untuk dijadikan makanan ringan dan diharapkan dapat menjadi jajanan khas Kota Serang.

“Saya berharap, pengurus HIPPI mampu menjadi investor untuk pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya di Kota Serang, sehingga hasil kreatifitas mereka dapat bersaing dan menjadi jajanan khas Kota Serang,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk mendukung pelaku UKM mengembangkan usahanya di Kota Serang.

“Peran kami membina dan merangkul pelaku UKM di Kota Serang untuk mengembangkan usaha, serta dapat membantu mereka berinovasi mengembangkan usahanya. Adanya HIPPI diharapkan dapat bersinergi dengan Pemkot untuk mendukung pelakuUKM sehingga bisa menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian di Kota Serang,” ujar Isbandi.

Kedepannya, kata dia, pihaknya akan mengembangkan aspek agrobisnis. Kemudian beberapa tempat jasa wisata pelabuhan. “Ini masih dalam tahap perencanaan,” ujar Isbandi.

Sementara itu, Pelaku UKM Burger dan Cendol Bandeng, Cepi mengatakan, inovasi membuat Burger dan Cendol Bandeng berawal dari ide mencoba mengolah Ikan Bandeng menjadi makanan ringan dan jajanan milenial. Sebelum memproduksi burger tersebut, kata dia, pihaknya melakukan kunjungan ke tempat pengelolaan sate bandeng.

“Kami mendorong HIPPI untuk melakukan kolaborasi menciptakan produk baru agar wisatawan yang datang ke Kota Serang tidak hanya menikmati sate bandeng saja, tetapi juga menikmati kuliner lainnya yang terbuat dari olahan ikan bandeng serta berbagai kuliner hasil kreasi pelaku UKM di Kota Serang,” ujar Cepi. (DE/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here