HIPMI Sasar ABK Kembangkan Kewirausahaan

BADAN Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC-HIPMI) Lebak menjalin kerja sama dengan Sekolah Kebutuhan Khusus (SKh) Negeri 2 Lebak. Kerja sama tersebut bagian dari pengembangan kemitraan kewirausahaan melalui program revitalisasi kewirausahaan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Ketua BPC HIPMI Lebak Osep Mulya Karis mengatakan, kerja sama antara HIPMI Lebak dan SKh 2 Negeri Lebak merupakan bagian dari salah satu program HIPMI dalam mengembangkan kewirausahaan di sekolah, khususnya siswa ABK. Pihaknya perlu menjali kerja sama kewirausahaan di SKh agar siswa ABK nantinya dapat memiliki bekal entrepreneurship.

“ABK perlu mendapatkan perhatian dalam pembekalan tentang kewirausahaan. Sehingga, ketika lulus sekolah nanti mereka memiliki skill, minimal memiliki mental entrepreneurship,” kata Osep seusai penandatanganan nota kerja sama dengan SKh Negeri 2 Lebak, Kamis (5/9/2019).

Menurut dia, revitalisasi kewirausahaan harus mulai digerakkan di jenjang sekolah untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Karenanya, melalui kerja sama dengan SKh ini, nantinya siswa ABK akan diberikan bekal pengetahuan bidang pemasaran produk hasil siswa.

“Kita paparkan berbagai solusi dan kiat pemasaran pada siswa. Salah satunya pemanfaatan media sosial (medsos) sebagai tempat promosi produk,” katanya.

Apalagi, saat ini Indonesia akan menghadapi era industri 4.0, sehingga pengembangan kewirausahaan harus terus dikembangkan. Oleh karenanya, pelatihan semacam ini harus terus dilakukan agar bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship.

“Kegiatan pelatihan semacam ini menjadi komitmen HIPMI, salah satunya melalui program revitalisasi kewirausahaan ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala SKh Negeri 02 Lebak Achmad Farid sangat mengapresiasi dan menyambut baik program kerja sama yang ditawarkan oleh HIPMI Lebak. Ia berharap dengan adanya kerja sama ini dapat mengembangkan potensi berwirausaha siswa di sekolahnya. “Sangat penting, karena siswa ABK perlu ilmu berbagai bidang keterampilan,” tuturnya. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here