Hingga Akhir Tahun, Stok Beras di Kabupaten Lebak Aman

LEBAK, (KB).- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak menyampaikan bahwa hingga akhir tahun 2019 dijamin aman dan tidak akan ada pasokan beras impor.

“Hingga saat ini stok beras di Kabupaten Lebak masih terpenuhi atau aman. Sekalipun mengalami kekurangan di pasaran, stok beras di Bulog masih tersedia,” ujar Kepala Disperindag Kabupaten Lebak, Dedi Rahmat.  

Ia mengatakan, stok beras untuk beberapa waktu kedepan bahkan hingga akhir tahun 2019 tersedia, hal tersebut dikarenakan petani di Kabupaten Lebak sudah sebagian menanam padi kembali.

“Beberapa bulan kemarin musim panen di sejumlah Kecamatan. Saat ini, petani sudah mulai kembali menggarap sawahnya, sehingga untuk stok beras tak perlu impor,” kata Dedi kepada Kabar Banten, Jumat (8/11/2019).

Ia menjelaskan, jika ketersedian beras di pasar menyusut atau kekurangan, Bulog siap memenuhinya. “Bulog sudah memiliki stok beras yang bisa diprediksi cukup hingga akhir tahun 2019. Harga saat ini masih normal, jika pun ada kenaikan masih dinilai wajar,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang beras di Pasar Rangkasbitung, Haji Entong mengatakan, untuk saat ini stok beras masih tersedia, hanya saja untuk menjaga kualitas dilakukan persilangan dari beberapa daerah di luar kota.

“Stok beras masih ada, tapi untuk beras yang kualitasnya bagus, kita juga sering barter dengan daerah lain, akan tetapi bukan impor,” pungkasnya. (Lugay/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here