Himatsu Unsera Gelar ‘Balsa Bridge Competition’

Peserta 'Balsa Bridge Competion', saat membangun mini kontruksi, di lapangan Unsera, Jumat (15/11/2019).*

SERANG, (KB).- Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (Himatsu) Universitas Serang Raya (Unsera) menggelar ‘Balsa Bridge Competition, di lapangan Unsera, Jumat (15/11/2019). Kegiatan tersebut diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia dalam merancang disain konstruksi jembatan.

Ketua Panitia Agung Gumelar mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 14 perguruan tinggi di Indonesia, setelah melewati proses seleksi total ada 41 tim untuk merebutkan juara 1, 2 dan 3. Peserta peserta  mendesain jembatan mini yang dapat mengimplementasikan struktur dan kekuatan jembatan sesungguhnya.

“Jembatan tersebut dibuat dengan menggunakan kayu balsa untuk menjadi disain jembatan. Kemudian diuji seberapa kekuatan jembatan tersebut. Kegiatan tersebut untuk mengadu kreativitas peserta dalam membuat konstruksi jembatan,” kata Agung kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, lomba yang diselenggarakan tersebut baru pertama kali. Sehingga ini menjadi tantangan untuk rekan-rekannya dalam menyelenggarakan event besar bersekala nasional. Pihaknya bisa belajar dengan organisasi mahasiswa dari kampus lain kegiatan tersebut.

“Presentase penilaian tersebut dilihat dari kekuatan jembatan yakni besarnya perbandingan antara berat jembatan dan beban yang dapat ditahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kemahasiswaan Unsera Abdul Fatah mengatakan, kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan di Unsera. Pihaknya berharap mahasiswa lain dapat menyelenggarakan event kegiatan bersekala nasional.

“Mahasiswa teknik Unsera diharapkan dapat belajar dengan mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan mahasiswa,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here