Hera Komara: Produk UKM Lebak Bisa Mendunia

Hera Komara Sudirman Karis, Ketua Kadin Lebak.*

LEBAK, (KB).- Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Lebak, Hera Komara Sudirman Karis menyakini bahwa produk usaha kecil dan menengah (UKM) Kabupaten Lebak bisa menembus pasar Nasional bahkan Internasional.

“Kami sangat optimis, bisa menembus pasar Nasional bahkan Internasional. Produk UKM Lebak sangat berkualitas. Jadi, kenapa harus ragu. Hanya kurang publikasi dan pemasaran saja,” ujar Hera kepada Kabar Banten, Senin (11/11/2019).

Ia membandingkan dengan Dodol Picnic Garut yang semakin mendunia dengan menjadi co-branding Wonderful Indonesia. “Bandingkan ya dengan Keripik Paria atau dengan Abon Pepaya. Mana yang lebih menarik. Packing enggak mahal dia (dodol picnic-red), kertasnya aja biasa,” tuturnya.

Menurutnya, yang membuat Dodol Picnic semakin mendunia lantaran momen dan tempat penjualannya. “Di Bali mereka kenalkan, kemudian turis-turis diharuskan beli, akhirnya bisa mendunia,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan investor yang berani. Ini juga menjadi komitmen Kadin untuk menggaet investor agar bisa membantu UKM. “Ini sudah menjadi komitmen Kami (Kadin) untuk mendatangkan investor bagi kebangkitan UKM di Lebak,” ujar Hera. (Lugay/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here