Kamis, 15 November 2018

Hasil Verifikasi KPU Kota Cilegon, Ratusan KTA Ganda

CILEGON, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mendapati adanya ratusan kartu tanda anggota (KTA) ganda. Ini ditemukan pada sejumlah partai politik (parpol) yang telah mendaftar untuk menjadi peserta Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019.

Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan Pemilu pada KPU Cilegon Habibie Haliburton mengatakan, temuan ini merupakan hasil penelitian pihaknya saat memeriksa berkas 20 parpol yang telah mendaftar. Menurut dia, KTA ganda terus didapati ketika melakukan pemeriksaan. “KTA ganda cukup banyak kami temukan. Sampai sekarang kami masih meneliti berkas-berkas parpol yang telah diserahkan,” katanya.

Menurut dia, temuan data ganda tidak serta merta menyebabkan nama pada KTA dicoret. Pihaknya tetap akan melakukan pencocokan melalui verifikasi faktual. “Tim kami akan mendatangi masing-masing parpol untuk melakukan verifikasi. Tim juga akan mencocokkan data ini dengan Sipol (Sistem Informasi Politik) milik KPU, berikut KTP. Setelah dicocokkan, akan terlihat apakah data ganda ini hanya di internal parpol, atau lintas parpol,” tuturnya.

Ia mengatakan, ada sejumlah hal yang akan menjadi perhatian tim KPU Cilegon. Selain data ganda, pihaknya pun akan menyortir anggota parpol yang berprofesi sebagai ASN, anggota TNI, juga anggota Polri. “Hasil penelitian, kami akan memberikan tanda MS bagi yang telah memenuhi syarat.

Sementara yang tidak kami beri tanda TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Bagi parpol yang tidak memenuhi syarat, akan kami tandai dengan angka. Misalnya angka 1 untuk anggota berprofesi ASN, 2 untuk anggota TNI dan Polri. Sementara angka 5 untuk data ganda sesama parpol, 6 dengan beda parpol, 7 bagi anggota dengan data kurang,” katanya.

Verifikasi faktual, tutur dia, dilakukan sejak 15 Oktober 2017. Habibie optimistis bahwa persoalan KTA ganda dapat terselesaikan dengan baik. “Data ganda itu sebetulnya persoalan ringan, saya yakin masing-masing parpol bisa memerbaikinya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Fatullah Hasyim mengatakan, pihaknya akan sangat teliti dalam menyortir berkas-berkas parpol. Verifikasi faktual akan selesai pada 3 November. Setelah itu, pihaknya akan memanggil parpol untuk memastikan kebenaran berkas-berkas mereka. (AH)***


Sekilas Info

PMI Kota Cilegon ”Assessment” Sumber Air Ciporong

CILEGON, (KB).- Sebagai upaya pengurangan risiko bencana (PRB) pada perlindungan sumber air, Palang Merah Indonesia (PMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *