Hasil Reses Didominasi Aspirasi Infrastruktur

Anggota Fraksi PKS DPRD Pandeglang Hasanudin menggelar agenda reses atau jaring aspirasi masa persidangan pertama di daerah pemilihan (dapil) dua, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Ahad (22/12/2019).*

Anggota Fraksi PKS DPRD Pandeglang Hasanudin menggelar agenda reses atau jaring aspirasi masa persidangan pertama di daerah pemilihan (dapil) dua, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Ahad (22/12/2019).

Selama sepekan, Hasanudin menyambangi sekitar 600 lebih warga khususnya konstituen di dapilnya. Meski reses dilaksanakan di tempat yang sederhana, namun warga antusias berdatangan untuk bisa bersilaturahmi dengan wakil rakyatnya.

Menurut Anggota Fraksi PKS DPRD Pandeglang Hasanudin, reses ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban setiap wakil rakyat untuk turun ke masyarakat. Tujuannya tidak lain untuk melaksanakan tugas kontrol dan pengawasan pembangunan. Namun ada yang lebih penting dalam pelaksanaan reses yakni untuk menyerap aspirasi masyarakat terutama konstutuen yang ada di daerah pemilihan dua.

Menurut dia, hasil reses tersebut nantinya bisa dibuat catatan laporan reses yang akan disampaikan nanti dalam agenda paripurna reses kepada ekskeutif atau kepala daerah di Gedung DPRD Pandeglang.

Menanggapi soal aspirasi yang disampaikan masyarakat, lanjut Hasanudin, reses pertama ini banyak aspirasi masyarakat seputar keinginan dan harapan pembangunan sektor infrastruktur.

“Bicara soal infrastruktur tidak saja bidang pembangunan jalan, namun juga infrastruktur pendidikan, kesehatan dan irigasi pertanian,” kata Hasanudin.

Meski demikian, dari segudang catatan aspirasi masyarakat bahwa reses ini didominasi keinginan dan harapan masyarakat soal pembangunan jalan.Sebab, saat ini masyarakat masih mengeluhkan adanya jalan rusak di jalur kecamatan dan desa.

“Tentu saja aspirasi masyarakat inu sangat realistis, karena jika kondisi jalan rusak akan menghambat sektor perekonomian masyarakat. Sebab jalan merupakan urat nadi untuk memajukan perekonomian dan sektor pembangunan lainnya,” ujarnya.

Hasanudin mengaku akan menjadikan aspirasi infrastruktur sebagak skala prioroitas pembangunan. Aspirasi ini nanti akan dituangkan dalam laporan reses secara resmi di DPRD.

“Saya harap nanti pemerintah dapat memprioritaskan aspirasi soal pembangunan jalan. Karena aspirasi ini murni datang dari masyarakat bawah,” ujarnya.

Salah seorang warga Cibodas, Didi menyambut baik agenda reses yang digelar oleh anggota dewan dari PKS. Sebab dengan reses, masyarakat dapat bersilaturahmi dan menyampaikan keluh kesan kepada wakil rakyatnya.

“Cukup bagus sih, dengan reses kami bisa bertemu lagi dengan wakil rakyat pilihan masyarakat. Nah dalam pertemuan reses kami sedikit bisa menanyakan soal tugas dan fungsi DPRD. Selain itu kami bisa menyampaika keinginan dan harapan masyarakat seputar pembangunan,” ujar Didi kepada Kaabr Banten, seusai menghadiri reses dewan di Banjar.

Menurut Didi, ada beberapa aspirasi yang disampaikan masyarakat, diantaranya soal keinginan pembangunan jalan. Sebab di daerah ini masih ada ruas jalan kecamatan dan desa yang harus ditingkatkan pembangunannya. (Endang Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here