Hasil Pelaksanaan PPDB, Banyak Siswa Belum Memenuhi Syarat

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang menginformasikan hasil akhir pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), masih banyak siswa yang belum memenuhi syarat masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri. Sehingga berakibat banyak siswa yang tidak diterima di SMP yang dituju.

Kepala bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Serang Heriyana mengatakan, kemungkinan akan banyak siswa yang memilih ke sekolah swasta atau sekolah yang sesuai dengan zonanya.

Sebab, hasil akhir yang dilihat banyak siswa yang belum memenuhi syarat saat mendaftar PPDB secara online. Hal tersebut juga terlihat pada 3 SMP di Kabupaten Serang.

“Kemungkinan mereka akan memilih sekolah swasta, satu atap atau sesuai zona. Sebab terlihat seperti SMPN 1 Ciruas, SMPN 1 Kramatwatu dan SMPN 1 Cikande waktu pendaftaran itu membeludak,” kata Heriyana kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

Dia menjelaskan, dari ketiga sekolah itu terdapat sekitar 600 lebih siswa yang mendaftar. Sementara yang diterima oleh masing-masing sekolah yaitu 280 siswa untuk 9 kelas. Sehingga banyak yang tidak dapat masuk ke sekolah itu.

“Rata-rata yang belum memenuhi syarat, karena contohnya rumahnya di Kramatwatu tapi daftar sekolahnya di Ciruas. Jadi tidak sesuai zona,” ujarnya.

Sehingga, dia menuturkan, terdapat 104 sekolah swasta yang akan menjadi alternatif para pendaftar. Selain itu, ada pula 19 sekolah satu atap yang hingga kini masih kekurangan kuota pendaftar. Tidak hanya itu, siswa juga akan memilih mendaftar di sekolah terdekat atau sesuai dengan zona.

“Tiga sekolah ini memang sering membeludak sebelum adanya sistem zonasi. Tapi masih ada sekolah lain bagi pendaftar yang akan masuk SMP,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here