Minggu, 24 Juni 2018
Tim asesor dari Unpad, Riki Kudus Rangga Wulung (kiri) menyerahkan hasil assessment ke Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Entus Mahmud Sahiri (kanan). Penyerahan disaksikan langsung Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa.*

Hasil ”Assessment” Eselon III dan IV, Sejumlah Pejabat Masuk Kategori Belum Layak

SERANG, (KB).- Sejumlah pejabat eselon III dan IV Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang telah mengikuti assessment dan tes psikologi pada akhir Januari 2018, masuk kategori merah atau belum layak penempatannya. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan penyerahan hasil assessment dan tes psikologi yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerja sama dengan Unpad dan diikuti 445 pejabat eselon III dan IV akhir Januari 2018.

Hasil assessment diserahkan tim asesor Unpad kepada BKPSDM. Penyerahan disaksikan langsung Bupati Serang, Tatu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati, Rabu (7/3/2018). Tim asesor dari Unpad, Riki Kudus Rangga Wulung mengatakan, dari hasil assessment, pihaknya melihat potensi aparatur sipil negara (ASN) khususnya eselon IV relatif bagus.

Hasil penilaian kategorinya ada hijau itu sangat layak atau sudah sesuai penempatannya, kuning layak, cokelat bisa ditempatkan dengan pelatihan, dan merah belum layak. “Yang masuk merah jumlahnya sangat sedikit, tidak sampai 10 orang dari sekitar 200 eselon IV (yang mengikuti assessment). Persentasenya yang hijau itu sekitar 40 persen, kemudian disusul kuning layak, cokelat bisa ditempatkan dengan pembinaan, dan merah belum layak atau harus ditinjau ulang, bisa dilakukan pembinaan, diberikan diklat, pelatihan, dan simulasi-simulasi,” katanya dalam kegiatan penyerahan tersebut.

Menurut dia, eselon IV sebagian besar sudah ditempatkan di tempat yang sesuai. Sementara, hasil assessment eselon III sebagian besar penempatannya sudah sesuai. “Secara keseluruhan eselon III yang masuk kategori hijau hampir relatif sama dengan eselon IV, yaitu 40 persenan sangat layak,” ujarnya.

Jadi dasar penempatan

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menuturkan, hasil assessment akan menjadi dasar kebijakan pemkab dalam penempatan ASN, agar yang diinginkan, yaitu the right man on the right place (orang yang tepat di tempat yang tepat) terjadi di Pemkab Serang. “Kan mungkin orangnya punya kemampuan, tapi ketika dia salah penempatan, jadi tidak muncul kemampuannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, di hasil assessment akan menjadi pertimbangan Baperjakat. “Ini yang akan dijadikan acuan untuk kami. Kemudian, terkait keadilan objektivitas, karena kan bagaimana juga kepala daerah selalu dipersepsikan bisa secara pribadi subjektivitasanya menggunakan kekuasaannya untuk menempatkan para ASN-nya, saya tidak ingin seperti itu, nah saya berkeinginan untuk mengurangi subjektivitas saya dengan pak wakil, misalnya ada yang berpandangan kami bisa berbuat sesuka hati, saya tidak mau,” tuturnya.

Terkait pelaksanaan mutasi, rotasi, dan promosi, dia menuturkan, pihaknya akan meminta masukan dari BKPSDM apakah sudah bisa dilakukan untuk eselon III atau menunggu assessment selesai seluruhnya, karena eselon IV belum semua ikut. “Masih ada sekitar 600 eselon IV belum assessment, tapi di perubahan pasti dilakukan asessment-nya,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Karier pada BKPSDM Kabupaten Serang, Surtaman mengatakan, total yang di-assessment 445 ASN, di antaranya 150 eselon III dan sisanya eselon IV. Untuk ASN yang masuk kategori merah atau belum layak, maka akan diikutsertakan di pengembangan kompetensi yang di dalamnya ada diklat-diklat. (YY)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *