Hari Pertama US Tingkat SD Berjalan Lancar

SERANG, (KB).- Pelaksanaan ujian sekolah (US) di hari pertama tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Serang berjalan lancar. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Walikota Serang, Sulhi Choir saat melakukan pantauan ke SDN 3 Kota Serang, Senin (15/5/2017). “Dalam pelaksanaan US tingkat SD di Kota Serang berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan,” ujar Sulhi kepada Kabar Banten usai memantau peserta US di SDN 3 Kota Serang.

Sulhi menjelaskan, mulai dari ketersediaan soal hingga pengawas ruangan ujian terpantau aman dan lancar. US tingkat SD se-Kota Serang diikuti oleh 243 sekolah dan tidak jauh berbeda dengan US pada tahun sebelumnya. “Yang membedakan hanyalah namanya saja, kalau tahun lalu itu Ujian Nasional (UN), sementara untuk saat ini menjadi US,” ucapnya. Dia berharap, pelaksanaan US kedepannya dapat dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer, karena dapat menambah wawasan murid di tingkat SD. “Bahkan pengerjaan pun dapat lebih mudah dan bisa cepat di mengerti,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kota Serang, Lili Mutawali menjelaskan, sejauh ini dalam pelaksanaan US di tingkat SD tidak ada laporan atau permasalahan dari setiap SD yang berada di wilayah Kota Serang, baik untuk soal maupun pengawas ruangan. “Satu sekolah SD sendiri tersedia 5 ruangan dan di isi satu ruanganya sebanyak 20 siswa. Untuk jumlah murid di SDN 3 Kota Serang saat ini terdapat 93 murid dan semuanya hadir,” ujar Lili.

Menurutnya, dari jumlah 243 SD di Kota Serang, tidak ada yang menginduk ke sekolah lain dan standar kelulusan siswa ditetapkan oleh kemampuan sekolah masing-masing. “Alhamdulillah semua sekolah sudah siap melaksanakan US, jadi tidak ada yang menumpang, tidak seperti tingkat SMP dan SMA,” katanya. Selain itu, lanjut Lili, terdapat tiga mata pelajaran yang menjadi pokok dalam pelaksanaan US yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Namun terdapat beberapa mata pelajaran lainnya seperti Agama, PKN, IPS dan Mulok yang ditentukan oleh masing-masing sekolah. “Pelaksanaan selain tiga mata pelajaran yang pokok tersebut akan dilanjut pada hari Kamis sampai Sabtu. Dalam 1 hari bisa 1 sampai 2 mata pelajaran. Sementara untuk mulok ditentukan oleh sekolah masing-masing misalnya pencak silat, Bahasa Jawa Serang, Bahasa Inggris bahkan TIK,” ujarnya.

Dia mengatakan, kedepan pihaknya mengaku siap untuk melaksanakan US berbasis komputer pada tingkat SD di Kota Serang. Namun, tentunya semua tergantung dengan anggaran dan ketersediaan sarana prasarana. “Kami berharap presentase kelulusan tingkat SD di Kota Serang mencapai 100 persen dan harus diikuti juga pada tingkat murid yang melanjutkan ke jenjang SMP atau sederajat dan semoga semua lulus dan tidak boleh ada yang tidak melanjutkan karena pendidikan wajib diteruskan,”
ucapnya. (H-49)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here