Hari Pertama CAT CASN, Banyak Pelamar tak Hadir

Suasana tes dengan sistem computer assisted test (CAT) seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) Kabupaten Serang, Senin (3/2/2020).*

SERANG, (KB).- Peserta seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) Kabupaten Serang banyak yang tidak hadir pada hari pertama pelaksanaan tes dengan sistem computer assisted test (CAT), Senin (3/2/2020).

Pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang belum mengetahui alasan ketidakhadiran peserta tersebut, sebab tak ada konfirmasi yang disampaikan.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian (Adpeg) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mujiyati Erianis mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan tes ada beberapa peserta yang tidak hadir ikut CAT. Belum diketahui alasan ketidakhadiran peserta tersebut.

“Enggak hadir, sesi pertama lima orang, sesi kedua ketiga juga sama (masing-masing lima orang yang tidak hadir). Tidak ada informasi ke kami, tapi selama registrasi tidak hadir,” katanya kepada Kabar Banten saat ditemui di lokasi pelaksanaan tes yang digelar di salah satu hotel di Kota Serang.

Kemudian, ujar dia, pada hari pertama juga ada peserta yang datang hanya membawa fotokopi atau scan-an kartu identitas. Padahal, untuk bisa registrasi dan ikut tes peserta harus membawa kartu identitas baik kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) atau surat keterangan.

“Sekarang lancar cuma diingatkan lagi ke peserta harus bawa tanda pengenal, karena tanpa pengenal baik KTP atau KK atau suket di luar itu enggak bisa. Kalau tidak ada kartu pengenal tidak bisa registrasi. Sesi pertama dua orang yang bersangkutan datang hanya bawa fotokopi dan scan-an KTP. Kami untuk minimalisir joki dan lainnya kalau tidak sesuai data. Tanpa tanda pengenal itu tidak bisa registrasi. Itu kebijakan BKN,” ucapnya.

Ia mengingatkan, para peserta, agar lebih teliti dalam membaca jadwal tes. Sebab, tutur dia, untuk nama peserta bisa saja sama dengan orang lain, akan tetapi nomor peserta tidak akan pernah sama.

“Karena, ada kejadian orang datang bukan pada jadwalnya, jadi dia mengira dia tes, padahal orang yang namanya sama. Ia pulang lagi, terus ada juga yang harusnya Sabtu, datang hari ini, kan kasihan kalau kondisinya jauh dari Labuan atau Tangerang,” katanya.

Meski demikian, ujar dia, untuk hari pertama pelaksanaan CAT berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah (lancar), karena kami persiapan ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Pemasangan perangkat dari Sabtu sudah uji coba, daya juga, Ahad terakhir saat tim BKN (Badan Kepegawaian Negara) datang diuji coba tidak ada kendala. Semoga sampai beres tidak ada kendala,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan tes dilakukan selama 10 hari sejak Seninhingga Rabu (3-12/2/2020). Setiap hari ada lima sesi kecuali Jumat dan hari terakhir hanya empat sesi.

“Masing-masing sesi ada 278 orang peserta. Tes dimulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, per sesi 90 menit,” tuturnya.

Ia menuturkan, untuk tes CASN tahun ini dibuka secara umum, sehingga siapa pun boleh ikut mendaftar asal dia merupakan warga negara Indonesia (WNI).

“Tapi, kebanyakan dari Kabupaten Serang,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here