Hari Ini, Portal Seleksi CASN Bisa Diakses

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yaitu SSCN (http://sscn.bkn.go.id ) yang memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS Tahun Anggaran 2018, sudah dapat diakses oleh masyarakat, Rabu (19/9/2018) hari ini sekitar pukul 00.00 WIB.

Sedangkan jadwal waktu pendaftaran,  akan segera disampaikan kepada publik setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Moh Ridwan mengatakan, dalam awal pembukaan portal SSCN ini, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN.

“Sedangkan jadwal waktu pendaftaran akan segera disampaikan kepada publik setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS,” kata Ridwan, dilansir Okezone, Selasa (18/9/2018).

Dalam portal SSCN tersebut, masyarakat bisa mengetahui informasi-informasi tentang CPNS. Dari mulai informasi mengenai persyaratan hingga formasi jabatan sudah tertera di halaman SSCN.”Dalam awal pembukaan portal SSCN ini, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah membuka lowongan 238.015 formasi CPNS untuk penerimaan Tahun Anggaran 2019. Ke-238.015 formasi itu terdiri atas 51.271 formasi untuk Instansi Pusat, dan sisanya sebanyak 186.744 formasi untuk Instansi Daerah.

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018, setiap pelamar hanya dapat mendaftar pada satu Instansi Pemerintah dan satu formasi jabatan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS telah mengumumkan, bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id, dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi.

“Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” tegas Bima Haria dilansir dari laman Setkab. (SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here