Hari Ini Dideklarasikan, Nurhasan Dipilih Dampingi Vera Nurlaela Jaman

SERANG, (KB).- Kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nurhasan, dipilih secara resmi menjadi pendamping kader Partai Golkar, Vera Nurlaela Jaman dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Serang 2018. Nurhasan ditunjuk melalui rapat kesepakatan partai pendukung yang terdiri atas Partai Demokrat, Partai Golkar, PKPI, PBB, Partai Nasdem, dan Gerindra.

Informasi yang dihimpun, partai-partai tersebut menyepakati Vera Nurlaela Jaman sebagai calon wali kota dan Nurhasan calon wakil wali kota. Nurhasan merupakan pria kelahiran Jakarta, 5 November 1971. Ia menamatkan pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Pancasila Jakarta pada 1998. Dalam Partai Gerindra, suami dari Siti Marsuci ini menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Gerindra Banten. Sejak 2011, ia dipercaya sebagai tenaga ahli DPR RI bidang anggaran. Saat ini, ia juga dikenal sebagai pengusaha.

Dengan resminya pasangan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan, saat ini calon yang sudah muncul dalam Pilkada Kota Serang menjadi tiga pasangan, yakni Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan dengan partai pengusung Partai Demokrat, Golkar, PKPI, PBB, Nasdem, dan Gerindra. Pasangan Syafrudin-Subadri Usuludin dengan partai pengusung PAN, PPP, dan Hanura, serta pasangan jalur perseorangan, Samsul Hidayat-Rohman.

Pasangan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan akan dideklarasikan, Rabu (10/1/2018) hari ini. Setelah itu, keduanya kemudian akan mendaftarkan diri ke KPU Kota Serang. Ketua DPC Gerindra Kota Serang, Budi Rustandi membenarkan jika Nurhasan telah resmi ditunjuk menjadi pendamping Vera Nurlaela Jaman dalam Pilkada Kota Serang. “(Posisinya) Wakil (Vera Nurlaela Jaman),” katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/1/2018).

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Serang, Ratu Maryana mengatakan, setelah meresmikan pasangan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan, partai pengusung akan menyosialisasikan keduanya kepada masyarakat. “Kami menyosialisasikan pasangan calon,” ujarnya. Ia meyakini, pasangan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan akan mampu memenangkan Pilkada Kota Serang. Ia pun akan terus berupaya mengajak partai lain untuk juga bergabung memenangkan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan. “Kami harus menang,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPP DPC PKB Kota Serang, Inu Aminudin mengatakan, setelah penentuan pendamping Vera Nurlaela Jaman, PKB Kota Serang akan berkonsultasi dengan DPP PKB untuk bertanya apakah tetap bergabung atau keluar dari sebagai partai pengusung. “Semuanya bergantung DPP, kalau kata DPP lanjut kami lanjut mendukung Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan. Kalau keluar, kami keluar,” ucapnya.

Calon perseorangan mendaftar

Sementara itu, pasangan bakal calon jalur perseorangan Samsul Hidayat-Rohman resmi mendaftarkan diri ke KPU Kota Serang, Selasa (9/1/2018). Selain siap meramaikan Pilkada Kota Serang, pendaftaran tersebut juga pertanda keduanya siap bertarung melawan pasangan bakal calon dari jalur partai politik (parpol). Saat tiba di Kantor KPU Kota Serang, kedua pasangan ini dikawal oleh ratusan simpatisan.

Mereka datang secara bersama-sama menggunakan kendaran, ada roda dua dan roda empat. Selain simpatisan, kedua pasangan berlatar belakang akademisi ini juga ditemani oleh tim pemenangan inti.
Sebelum mendaftar, pasangan berslogan “Buya” ini melakukan deklarasi pencalonan di Lapangan Perumahan Citra Gading, Kota Serang sekitar pukul 09.00 sampai pukul 12.00. Simpatisan yang hadir kurang lebih mencapai 2.000 orang.

Ditemui di Kantor KPU Kota Serang, bakal calon Wali Kota Serang, Samsul Hidayat bersyukur telah menjadi bagian dalam Pilkada Kota Serang. Keduanya berhak melanjutkan pencalonan, setelah mengantongi dukungan sebanyak 4.192. “Saya bersama Pak Rohman (bakal calon wakilnya) siap mengikuti tahapan berikutnya berupa tes kesehatan,” ujarnya.

Ia meyakini, keduanya akan mampu memenangkan Pilkada Kota Serang. Caranya dengan merapatkan seluruh barisan pendukung juga gencar melakukan sosialisasi. “Siapa pun lawannya kami tidak pernah gentar, karena semua pasti punya kelemahan. Yang didukung oleh banyak partai dan besar tapi tidak menang,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, bakal calon wali kota, Rohman menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Serang yang telah memberikan dukungan KTP secara sukarela kepada keduanya. “Suara ada di rakyat, bukan di partai. Kami telah safari politik, besar animo masyarakat terhadap munculnya calon perseorangan,” tuturnya. Niatan keduanya untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Serang dilandasi oleh semangat menjadikan Kota Serang bersih dan mewujudkan tatanan birokrasi yang rapi. “Rapi birokrasinya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, pasangan jalur perseorangan Samsul Hidayat-Rohman menjadi pasangan bakal calon pertama yang mendaftarkan diri ke KPU Kota Serang.”Tindak lanjut selanjutnya kami akan memeriksa berkas pencalonan, ada tiga formulir yang wajib dibawa oleh bakal calon perseorangan, yaitu BA7 KWK yang telah dikeluarkan KPU pada 30 Desember 2017, model B, dan B3 KWK,” ucapnya. Selanjutnya, ada dua pasangan calon parpol yang mendaftar ke KPU, yakni pasangan Vera Nurlaela Jaman-Nurhasan pada pukul 11.00 dan pasangan Syafrudin-Subadri Usuludin pada pukul 16.00. “Kami akan penetapan bakal calon pada 12 Februari mendatang,” tuturnya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here