Harga Elpiji 3 Kg Sulit Dikendalikan

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Energi Sumber Daya Mineral (Disperindagpas ESDM) Pandeglang, mengaku kesulitan untuk mengendalikan kenaikan harga gas elpiji 3 kilogram di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal itu dipengaruhi kendala keterbatasan kewenangan, keberadaan pangkalan gas yang terbatas. Hal tersebut sangat memicu tingginya harga di tingkat pengecer.

“Saya akui, memang harga elpiji 3 kilogram di tingkat pengecer jauh di atas HET. Harganya tembus diangka Rp 22.000 hingga Rp 23.000. Itu bisa saja terjadi karena memang pertimbangan ongkos kirim dan lainnya, sehingga di pengecer harganya mahal,” kata Kepala Disperindagpas ESDM setempat, Andi Kusnardi kepada Kabar Banten, Selasa (21/11/2017).

Menurut dia, saat ini masih sulit untuk menekan tingginya harga jual gas di pasaran atau pengecer sesuai HET Rp 15.400 per tabung. Hal tersebut karena jumlah pangkalan elpiji masih sedikit. Padahal idealnya, pangkalan itu ada di setiap desa sehingga masyarakat bisa langsung membelinya ke pangkalan, dan bukan ke pengecer. Dengan begitu, maka akan mudah mengontrol harga gas.

“Kalau di pangkalan pasti harganya sesuai HET, karena jika pangkalan menjual harga di atas HET bisa kena sanksi. Oleh karena itu, jika mau murah masyarakat belinya langsung di pangkalan,” ujarnya. Meski begitu, lanjut dia, terkait persoalan harga elpiji, sejauh ini kewenangan hanya melakukan pengawasan saja, tidak bisa langsung memberikan sanksi. Sementara pihak yang berwenang memberikan sanksi jika ada pelanggaran yaitu Hiswana Migas. “Kita itu hanya sebatas pengawasan saja,” ucapnya.

Ia menjelaskan, adapun estimasi realisasi kebutuhan gas tahun 2017 sebanyak 6.333.660 unit tabung. Untuk usulan kuota sebanyak 9.171.960 tabung, dengan jumlah sasaran rumah tangga 334.640 kepala keluarga. Sementara untuk kebutuhan usaha mikro sebanyak 1.517 tabung. “Untuk penambahan kuota sedang kita usulkan. Mudah-mudahan usulan kuota yang diajukan bisa terealisasi, sehingga tidak ada istilah adanya kelangkaan elipiji 3 kilogram di pasaran,” tuturnya. (PG)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here