Harga Cabai Rawit Merah di Kota Serang Terus Meroket

SERANG, (KB).- Harga komoditas sayur yakni cabai rawit merah di Kota Serang terus meroket. Hingga saat ini harga sudah mencapai Rp 68 ribu per kilogram (kg) dari yang sebelumnya Rp 60 ribu/kg.

Staf Pelaksana Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Serang Andang Suyoko menjelaskan, harga cabai beberapa minggu ini terus mengalami kenaikan. Beberapa waktu lalu sempat terjadi pada cabai rawit hijau, namun saat ini kenaikan terjadi pada cabai rawit merah yang mencapai Rp 68 ribu/kg.

“Hasil pantauan kami rawit merah saat ini sudah mencapai Rp 68 ribu/kg,” katanya kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

Dia mengatakan, sebelumnya harga cabai rawit merah Rp 60 ribu per kilogram, kemudian naik kembali Rp 65 ribu per kilogram dan saat ini di harga Rp 68 ribu per kilogram. Kondisi tersebut terjadi beberapa minggu terakhir ini di pasar yang ada di Kabupaten Serang. Penyebabnya yakin pasokan yang sedang berkurang.

“Dari harga Rp 60 ribu/kg lalu Rp 65 ribu/kg dan saat ini Rp 68 ribu/kg. Terus naik,” ucapnya.

Menurutnya, kondisi cuaca saat ini pun menjadi faktor utama komoditas ini mengalami kenaikan. Sebab musim kemarau, banyak petani yang gagal panen dan stok sudah mulai berkurang. Sementara permintaan terus meningkat, sehingga harga juga menjadi tinggi.

 Salah satu pedagang sayur di Ciruas Amin mengatakan, harga cabai rawit merah saat ini sedang mahal. Ia menjual dengan harga Rp 69 ribu/kg. Kenaikan tersebut terjadi mulai minggu-minggu terakhir di bulan ini.

“Iya sedang naik harganya Rp 69 ribu/kg. Biasanya stok dari sananya lagi sedikit jadi harga naik, lagian ini juga lagi kemarau,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here