Minggu, 22 Juli 2018

Harga Beras di Baksel Melambung

LEBAK, (KB).- Harga beras di wilayah selatan Kabupaten Lebak, melambung dari sebelumnya Rp 7.000 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Kondisi itu dikeluhkam warga, karena kebutuhan biaya sehari-hari membengkak. Menurut pantauan, di Pasar Malingping, Kabupaten Lebak, Jumat (12/1/2018), harga beras yang biasa dibeli mayoritas warga berkualitas sedang yang sebelumnya hanya Rp 7.000 per liter, saat ini menjadi Rp 10.000 per liter.

Kenaikan harga beras yang dirasakan cukup tinggi dan sangat memberatkan itu sudah terjadi pekan kemarin. ”Ya benar, memang dalam beberapa hari terakhir ini harga beras di Malingping sangat dikeluhkan. Terlebih oleh warga seperti kami yang berpenghasilan dari kerja serabutan ini,” ujar salah seorang warga, Ahmad.

Menurutnya, melambungnya harga beras sangat membebani masyarakat khususnya para petani. Karena terjadi disaat para petani baru memasuki masa tanam setelah sebelumnya pada masa panen umumnya merugi karena produksinya menurun. ”Heran kami mah pak. Ari kami keur butuh mah harga beras naek tapi lamun keur panen harga gabah kami turun (Heran kenapa kalau kami lagi butuh harga beras naik tapi kalau kami panen harga gabah malah turun),” tuturnya.

Terpisah, salah seorang tokoh muda Malingping, Nurwan mengatakan, pemerintah khususnya Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten segera mengkaji persoalan kenaikan harga beras yang saat ini terjadi. Karena menurutnya secara sepintas ini merupakan bentuk tekanan kepada masyarakat petani di Kabupaten Lebak yang katanya hasil produksi padinya surplus. ”Kami minta untuk dikaji terlebih dahulu dan dibuatkan sistem yang matang. Jangan terburu-buru dilakukan operasi pasar (OP) yang pada akhirnya hanya dimanfaatkan oleh oknum,” ucapnya.(DH)***


Sekilas Info

Jaring Investor dengan Aneka Potensi Wisata

RENCANA pembangunan jalan tol Serang-Panimbang dan reaktivasi jalur Kereta Api Rangkasbitung-Bayah-Labuan, serta realisasi pembangunan jalur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *