Hanya 2 Jam, DPRD Kabupaten Tangerang Selesaikan AKD

Akmaludin Nugraha, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024.*

TANGERANG, (KB).- Pimpinan sementara dan 8 fraksi DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024 sudah menyelesaikan pembagian jatah jabatan di alat kelengkapan dewan (AKD) melalui rapat yang hanya berlangsung sekitar dua jam.

“Hanya dua jam, kelar. Rapatnya gak perlu lama, yang penting semua fraksi bisa mencapai kesepakatan,” ujar Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024, Akmaludin Nugraha, Selasa (27/8/2019).

Ia mengatakan, rapat yang digelar Senin (26/8/2019) di mulai pukul 10.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB, diikuti perwakilan Fraksi PDIP, Golkar, Demokrat, PKS, PPP, PAN, PKB. “Hanya Fraksi Gerindra yang absen karena sedang mengikuti bintek internal partai tingkat Provinsi Banten di Serang,” ujarnya.

Menurut Boy (sapaan akrab Akmaludin Nugraha), semua menyepakati porsi pembagian jabatan di AKD. Untuk Badan Anggaran (Banang) proporsinya masing-masing adalah PDIP menempatkan 4 personel, Gerindra 4, Golkar 4, Demokrat 4, PKS 3, PPP 3, PAN 2 dan PKB 2.

Kemudian jatah pimpinan komisi disepakati Golkar mengetuai Komisi I (Bidang Pemerintahan), Demokrat Komisi II (Kesra), Gerindra Komisi III (Anggaran) dan PDIP Komisi IV (Pembangunan).

Sedangkan PPP dan PKS yang memiliki jumlah kursi sama, yakni masing-masing 6 kursi, memimpin dua AKD lainnya. PPP mengetuai Badan Pembuat Perda (Bapemperda) dan PKS menahkodai lembaga pengawas ketaatan etik, yaitu Badan Kehormatan Dewan (BKD).

“Gerindra memang tak ikut rapat, tapi kami terus berkomunikasi by phone. Prinsipnya kami bangun kebersamaan supaya tidak ada fraksi yang merasa kepentingannya tidak terakomodasi,” jelas Boy.

Ditambahkannya, semua AKD didinitifkan setelah dilantiknya ketua dan 3 wakil ketua DPRD defintif. “Target kami, pertengahan September nanti AKD sudah ditetapkan,” katanya.

Diketahui, DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024 terdiri dari Fraksi PDIP (8 kursi), Gerindra (7), Golkar (6 kursi ditambah 2 kursi Nasdem dan 1 Hanura yag ikut bergabung), PKS (6), PPP (6), PKB (4) dan PAN (4).

Ketua Fraksi Golkar, Muhammad Amud mengaku proses penyusunan porsi personel dan pimpinan AKD bisa secepatnya rampung berkat adanya saling komunikasi antarfraksi.

“Pimpinan sementara juga sebelumnya sudah membagikan form kepada fraksi-fraksi untuk diisi nama-nama yang akan ditempatkan di AKD,” ujar mantan wartawan sebuah koran harian di Tangerang ini. (JK)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here