Hadapi Ramadan dan Corona, Pemkot Serang Pastikan Persediaan Pangan Aman

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang memastikan persediaan pangan di Kota Serang aman ditengah wabah Covid-19 ini. Bahkan, hingga Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, ditengah Pandemi Virus Corona ini, ketersediaan pangan bagi masyarakat juga menjadi prioritas pemerintah. Terlebih, bagi umat muslim dalam waktu dekat ini akan menghadapi ibadah puasa Ramadan dan Lebaran tahun 2020.

“Stok pangan kita aman, masyarakat tidak usah khawatir. Pemkot juga siapkan dana jaring pengamanan sosial,” kata Syafrudin, Ahad (5/4/2020).

Selain memastikan ketersediaan pangan aman hingga empat bulan kedepan, Pemkot Serang melalui Diperdaginkop dan UKM Kota Serang terus berupaya mempermudah layanan ditengah wabah Covid-19 ini. Salah satunya membuka pasar online yang bisa menjaga masyarakat dari kerumunan orang banyak dan physical distancing. Pasar online itu menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat.

“Pemerintah berkomitmen menjaga keseimbangan suplai dan demand bahan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat seperti arahan pak Jokowi,” tutur orang nomor satu di Kota Serang itu.

Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, melalui pasar online, masyarakat bisa belanja kebutuhan pokok cukup melalui sambungan telepon ataupun whatsapp mesenger. Kemudian, barang yang dipedan akan dikirim ke lokasi pembeli.

“Ini sudah berjalan sejak seminggu kemarin dan efektif (ditengah wabah Covid-19),” kata Yoyo.

Selanjutnya, Pemkot Serang bersama unsur TNI-Polri juga rutin melakukan pengecekan harga ke pasar-pasar. Hal itu untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga yang tidak wajar. Namun, hingga saat ini meskipun ada fluktuasi harga tapi masih dalam batasan normal.

“Kalau stok kebutuhan pokok aman hingga empat bulan kedepan, termasuk saat masuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang Hari W Pamungkas mengatakan, untuk melihat daftar harga sembako, masyarakat bisa mengakses laman http://sembako.serangkota.go.id yang dipersiapkan oleh Pemkot Serang.

“Itu untuk antisipasi agar masyarakat tetap di rumah saja, seperti imbauan dari pemerintah,” kata Hari yang juga Jubir gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Serang. (Adv)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here