Hadapi Ramadan, Baznas Banten Latih Relawan Pengumpul Zakat

SERANG, (KB).- Menghadapi bulan Ramadan 1439 Hijriyah, Baznas Banten merekrut dan melatih puluhan relawan pengumpul zakat. Upaya ini dilakukan untuk mempermudah muzaki membayar zakat.

Pelatihan para calon relawan pengumpul zakat ini digelar di Aula Kampus IAIB Kota Serang, Rabu (9/5/2018). Pelatihnya terdiri atas unsur pimpinan Baznas Banten dan para ahli marketing dari kalangan wirausahawan dan Baznas.

Acara pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Pengumpulan Baznas Banten H Tb Rifa’i Halir. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi strategi marketing dari pengusaha sukses H. Rahmat Halim.

Ahli marketing dari Baznas pusat Agus Siswanto turut memberikan pembekalan bagi relawan fundraising zakat ini. Dalam paparannya dia menjelaskan sejak 2010, tren pengumpulan zakat naik 20 persen setiap tahun. Sementara itu, tahun 2015 sampai 2017 kenaikannya melonjak sampai 40 persen.

“Kenaikan terbesar pengumpulan zakat terjadi pada bulan Ramadan. Oleh karena itu, pada bulan ini diperlukan penambahan sumber daya relawan pengumpul zakat,” katanya.

Pada bagian akhir, para peserta mendapatkan pembekalan materi tentang zakat dari Ketua Baznas Banten H Suparman Usman dan Wakil Ketua Baznas Banten H Humaedi.

Dalam pemaparannya, Suparman mengharapkan sebagai duta Baznas Banten, para relawan pengumpul zakat tidak hanya memiliki keterampilan dalam mengumpulkan dana zakat, tetapi bisa menyosialisasikan zakat dan Baznas kepada masyarakat.

Para relawan akan ditugaskan menjaga gerai zakat di beberapa titik pusat keramaian di Kota Serang seperti tempat-tempat perbelanjaan, mall, bank, dan rumah makan. Mereka akan bertugas dari 17 Mei – 8 Juni 2018. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here