Hadapi Gempa Bumi, SMPN 15 Kota Serang Gelar Simulasi

SERANG, (KB).- Ratusan pelajar SMPN 15 Kota Serang mengikuti simulasi kesiapan menghadapi gempa bumi, di halaman SMPN 15 Kota Serang, Kamis(18/10/2018).

Kepala SMPN 15 Kota Serang, Agus Muharam mengatakan, kegiatan simulasi ini untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa bagaimana menyelamatkan diri saat terjadi gempa, rentetan bencana alam gempa bumi dan Tsunami yang belakangan ini mengguncang sejumlah wilayah di Tanah air, maka sekolah memberikan simulasi gempa ini.

“Simulasi ini sangat penting sekali, bagaimana kita menghadapi gempa, anak-anak itu harus diberi pengetahuan apalagi menghadapi suatu bencana kalau tidak dibekali dengan kegiatan simulasi ini malah jadi panik, kita untuk menghadapi bencana itu tidak perlu panik,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, ketika terjadi gempa jangan panik, tanpa ada alat untuk melakukan pertolongan, paling tidak bisa mencari tempat yang aman untuk melakukan perlindungan untuk diri sendiri, apalagi bencana gempa itu bisa saja terjadi dimanapun dan kapanpun.

“Seperti simulasi ini anak-anak tidak panik ambil langkah melindungi diri masuk dibawah meja dan tutup kuping, para siswa juga diajarkan untuk menolong dan mengevakuasi rekannya yang pingsan ketika terjadi gempa. kalau situasi sudah di rasa aman lalu keluar dan mencari tempat yang aman seperti di halaman sekolah,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini sangat mendidik untuk anak-anak, mudah-mudahan bencana ini tidak terjadi sekalipun terjadi anak-anak sudah memiliki bekal mudah-mudahan bisa dimengerti oleh anak-anak. “Simulasi ini agar para siswa siap dan tahu apa yang harus dilakukan ketika gempa bumi mengguncang ketika proses belajar mengjar berlangsung. Bahkan para pelajar diajarkan,” katanya.

Siswa SMPN 15 Kota Serang, Canda Irawan mengatakan, kegiatan ini tentang simulasi gempa, dan diarahkan langsung oleh Bapak dan Ibu guru. “Tadi kami diarahkan ketika terjadi gempa jangan panik dan berlindung di bawah meja, kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kepada para pelajar untuk senantiasa siap dalam menghadapi bencana alam yang setiap saat bisa terjadi,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here