Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, HMTI Unsera dan IMTII Diharapkan Berkolaborasi

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Serang Raya (Unsera) bersama Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Indonesia (IMTII) menyelenggarakan rapat kerja nasional (rakernas) IV dengan tema 'IMTI Unity Mengabdi untuk Negeri', di Aula Unsera, Senin (10/2/2020).*

SERANG, (KB).- Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Serang Raya (Unsera) bersama Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Indonesia (IMTII) menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) IV dengan tema ‘IMTI Unity Mengabdi untuk Negeri’, di Aula Unsera, Senin (10/2/2020). Dari kegiatan tersebut, keduanya diharapkan dapat berkolaborasi untuk menghadapi era industri 4.0.

Sekretaris Prodi Teknik Industri Unsera Mohamad Jihan Sofa mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Rakernas dan seminar nasional di Unsera. Dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat berkolaborasi baik untuk mahasiswa teknik bersama IMTII ke depannya.

Selain itu, di era revolusi industri akan membuka kesempatan kerja yang lebih luas serta membangun pekerjaan manusia menjadi lebih cepat dan mudah.

“Era perkembangan teknologi diharapkan dapat memberikan peluang generasi muda untuk membangun negeri dengan inovasi-inovasi menumbuhkan usaha kreatif, karena di era revolusi menjadi peluang dan tantangan bagi kita untuk berinovasi,” kata Sofa kepada Kabar Banten.

Sementara itu, Ketua Bidang Sertifikasi dan Pengembangan Keahlian Profesi Badan Kejuruan Teknik Industri-Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII) Zaenal Muttaqien mengatakan, di era revolusi industri menjadi peluang yang harus diketahui, yakni dapat meningkatkan tenaga kerja hingga 2,1 juta pekerja pada 2025. Namun secara global era digital akan menghilangkan sekitar 1-1.5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025.

“Kesuksesan dalam menghadapi tantangan dan ancaman dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 hanya dapat dilakukan apabila semua pihak berkontribusi secara positif, serta dapat berinovasi,” ujarnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here