Hadapi Era Industri, Ketua IGI Banten: 4 Kompetensi Harus Dikuasai Guru

Tubagus Saiful Bahri, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Banten.*

SERANG, (KB).- Peran guru tidak akan tergantikan pada era industri 4.0, karena memiliki kekhasan yang tidak bisa digantikan teknologi. Untuk menyiapkan guru di zaman yang terus berkembang tersebut, ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

Hal itu dikatakan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Banten Tubagus Saiful Bahri, di Kantor IGI Banten, Selasa (26/11/2019). Empat kompetensi tersebut yakni guru harus mampu melakukan penilaian secara komprehensif, memiliki kompetensi sesuai dengan keahliannya.

Selain itu, mampu melakukan authentic learning yang inovatif dan dapat menyajikan modul yang tidak hanya dalam bentuk kertas tapi bisa mengembangkan modul berbasis online.

“Guru harus cepat merespon perubahan yang terjadi yakni guru harus saling berkolaborasi,” kata Saiful kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, kompetensi merupakan hal utama yang diikuti berbagai keterampilan seperti kreativitas, keterampilan berkomunikasi dan bisa berkolaborasi. Hal itu harus dikuasi oleh guru di era teknologi. Sehingga, guru-guru bisa berkolaborasi dengan guru lainnya dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

”Guru dapat memberikan inovasi yang baru dalam mengajar sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, guru juga jangan malu untuk berkolaborasi dengan berbagai jenis disiplin ilmu untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here