Rabu, 19 Desember 2018

Hadapi Cuaca Ekstrem, BPBD Siaga Bencana 24 Jam

LEBAK, (KB).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak siaga bencana selama 24 jam menghadapi cuaca ekstrem saat ini karena diperkirakan cuaca ekstrem akan berlangsung hingga akhir Maret mendatang. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Kaprawi mengatakan, potensi bencana alam itu di antaranya banjir, longsor, angin kencang, pergerakan tanah dan kebakaran.

“Berdasarkan prakiraan BMKG Serang, cuaca ekstrem disertai hujan lebat dan angin kencang hingga Maret 2018. Sebagai daerah yang dipetakan sebagai daerah langganan bencana alam, kami harus segera menetapkan status siaga selama 24 jam guna mengurangi risiko bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa juga kerusakan material cukup besar,” kata Kaprawi, Senin (5/3/2018).

Selain menetapkan siaga 24 jam, ujar Kaprawi, BPBD juga telah menyebarluaskan informasi peringatan dini kepada masyarakat luas agar meningkatkan kewaspadaan bencana alam. “Kami minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar melakukan ronda agar tidak menjadikan korban banjir, longsor dan angin kencang,” ujarnya.

Sebagai upaya antisipasi itu, katanya, BPBD telah menyiapkan peralatan evakuasi, logistik dan obat-obatan serta selalu menjaga koordinasi dengan instansi lain, seperti TNI, Polri, Dinas PUPR, PLN, Dinas Sosial, PDAM, PMI dan relawan. ”Koordinasi itu guna memudahkan penanganan pascabencana alam sehingga tidak menimbulkan banyak korban. Selain itu, para relawan tangguh dan petugas kebencanaan terus siaga dan bergerak cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam untuk menyelamatkan korban bencana,” tuturnya. (ND)***


Sekilas Info

Kabupaten Lebak Peringkat Pertama Tertib Dana Desa di Provinsi Banten

LEBAK, (KB).- Kabupaten Lebak meraih prestasi pertama di Banten tentang tertib penggunaan dana desa dan berada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *