Selasa, 21 Agustus 2018

H-6, Ribuan Kendaraan Padati Pelabuhan Merak

CILEGON, (KB).- Arus mudik lebaran mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Sabtu (9/6/2018). Pada H-6 Lebaran Idul Fitri ini, peningkatan jumlah kendaraan dan penumpang pejalan kaki naik signifikan.

Pantauan Kabar Banten, antrean kendaraan jenis Bus AKAP dan kendaraan pribadi terlihat di Dermaga 1, 2, 3, dan 4. Selain itu, truk-truk bermuatan sembako juga memadati empat dermaga di Pelabuhan Merak.

Safri ( 30 ) salah seorang pemudik asal Jakarta mengatakan, sengaja melakukan perjalanan di pagi hari agar terhindar dari kemacetan. Namun sampai di pelabuhan ia terkejut dengan kondisi pelabuhan yang ramai.

“Biasanya kalau jalan malam kan kejebak macet, makanya saya berangkat subuh agar bisa tiba di Pelabuhan Merak agak siangan. Eh ternyata kejebak macet juga,” katanya.

Safri mengatakan, untuk memasuki kapal ia membutuhkan waktu satu jam, setelah tertahan antrean kendaraan. “Kalau boleh bicara harapan, ingin saya kalau proses bongkar muat penumpangnya dipercepat lagi,“ harapnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fahmi Alweni mengatakan, jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan mengalami peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen di bandingkan dengan H-6 arus mudik pada 2017.

“Sesuai prediksi kami semalam merupakan puncak arus mudik dan lebih di dominan kendaraan pribadi, kepadatan kendaraan juga akan terjadi nanti malam. Itu bisa terlihat dari sebanyak 7.953 kendaraan kita sebrangkan sementara pada tahun lalu hanya 5.636 kendaraan saja,” ungkap Fahmi.

Fahmi menerangkan jika pihaknya mengerahkan 35 kapal untuk mengurai kepadatan penumpang yang berada di pelabuhan. “Pencapaian kapal sebanyak 121 trip, selain itu semalam kita mainkan sistem sangat padat. Untuk mengurai kepadatan yang ada di dermaga,” katanya. (AH)*


Sekilas Info

Proyek Betonisasi Bermasalah

CILEGON, (KB).- Proyek pembuatan jalan beton di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Jombang, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *