Guru Wajib Tingkatkan Kualitas Mengajar

LEBAK, (KB).- Tenaga pendidik di Kabupaten Lebak difokuskan untuk meningkatkan kualitas mengajar di sekolah. Hal itu sudah menjadi kewajiban dalam upaya kemampuan belajar siswa, terlebih guru selain sudah memeroleh gaji juga menerima tunjangan sertifikasi.

“Kita sekarang fokus untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan karena itu merupakan tanggung jawab pendidik. Selain itu, saat ini pendapatan guru juga semakin membaik dengan adanya dana tunjangan sertifikasi,” kata Kepala SDN 2 Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Cicih Sukarsih, Kamis (5/12/2019).

Menurut dia, adanya tunjangan dana sertifikasi yang diperuntukkan bagi tenaga pendidik atau guru berstatus aparatur sipil negara (ASN) sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

“Bagi kami selaku guru, adanya tunjangan dana sertifikasi dari pemerintah ini dapat meningkatkan nilai tambah pada kesejahteraan para guru, sehingga guru bisa lebih fokus untuk mendidik peserta didik di sekolah,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini dirinya yang telah mengabdi menjadi guru selama 31 tahun, selain menerima gaji juga menerima berikut tunjangan dana sertifikasi. Pendapatan guru saat ini dirasakan dapat mencukupi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anak hingga ke jenjang perguruan tinggi.

“Kami merasa bersyukur kesejahteraan guru saat ini meningkat. Itu menujukkan perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan itu sudah semakin baik,” ucapnya.

Hampir senada dikatakan guru lainnya di SDN 2 Cilangkap, Kalanganyar, Suparman. Ia mengaku bersyukur saat ini pendapatan gaji guru berstatus ASN meningkat setelah menerima tunjangan sertifikasi guru.

“Kami sangat bersyukur pendapatan guru cukup sejahtera, sehingga sangat termotivasi untuk mempersiapkan anak-anak bangsa memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkarakter,” ucapnya.

Lain halnya dengan seorang guru bernama Yoyoh Sopiah yang mengajar di SDN 4 Cijoro Pasir. Ia mengaku, meskipun belum memeroleh tunjangan sertifikasi, namun pendapatan yang diperolehnya sebagai tenaga guru cukup sejahtera.

Menurut dia, saat ini pendapatan guru cukup sejahtera untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bahkan bisa menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi.

“Sebagai tenaga pendidik kami bersemangat untuk mengajar. Karena, pendapatan guru saat ini jauh lebih baik dan tentunya kami juga memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa sehingga ke depan generasi bangsa memiliki SDM yang unggul dan andal,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here