Guru Dituntut Tingkatkan Kompetensi

Prodi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mengusung tema Inovasi Guru di era industri 4.0, di Auditorium Untirta.*

SERANG, (KB).- Memasuki era industri 4.0 guru harus siap meningkatkan kompetensi dan teknologi dalam proses pembelajaran. Saat ini penggunaan teknologi dan berbasis internet sangat mudah untuk diakses, sehingga siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Seameo Seamolec Alpha Amirrachman, di Untirta, Senin (27/5/2019).

“Berbasis teknologi dan berbasis internet mengubah hampir setiap proses pembelajaran, terutama dipembelajaran formal ataupun informal. Untuk mempersiapkan itulah kita harus siap meningkatkan kompetensi dan teknologi pembelajaran,” kata Alpha kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pendidikan dan pembelajaran pada era 4.0 merupakan pengembangan untuk mengintegrasikan teknologi, baik fisik maupun non fisik kedalam pembelajaran.

Teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktik etis dalam rangka meningkatkan performa kinerja, salah satunya adalah proyek teknologi jadi yang tepat yakni penggunaan teknologi internet.

“Untuk menghadapi era 4.0 diperlukan pendidikan yang dapat membentuk kita menjadi generasi kreatif, inovatif serta kompetitif. Salah satunya dengan mengoptimalisasikan penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan, yang diharapkan menghasilkan output yang dapat mengikuti perubahan zaman,” tuturnya.

Ia mengatakan, kompetensi dianggap sebagai modal yang sangat dibutuhkan untuk mampu bersaing dalam era industri 4.0.

“Dengan menggunakan metode pembelajaran pendidikan yang tepat, diharapkan generasi muda siap untuk menghadapi era industri 4.0,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here