Guru Diminta Manfaatkan Kewepo

SERANG, (KB).-¬†Ikatan Guru Indonesia (IGI) Banten menggelar workshop “Pemanfaatan Kewepo dalam Sistem Penilaian Digital”, di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten, Jumat (25/1/2019).

Ketua Pelaksana Workshop Akto Gunawan yang juga menjadi Ketua IGI Kota Serang mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk membuat penilaian rapor pelajar akhir semester menggunakan Kewepo. Diketahui, Kewepo adalah Kelas Word Excel dan Powerpoint, aplikasi yang ada dalam aplikasi pesan singkat Telegram.

“Penggunaan Kewepo difokuskan untuk seluruh tingkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga sekolah menengah. Yang hadir dalam kegiatan tersebut kebanyakan dari guru PAUD, kami sesuaikan penggunaan Kewepo dengan kebutuhan PAUD,” kata Akto kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut untuk memberikan informasi dalam memanfaatkan metode Kewepo ke dalam sistem penilaian digital. “Yang biasa dilakukan dengan manual kami ubah dengan digital. Kegiatan tersebut dilakukan untuk efektivitas bekerja dalam melakukan penilaian,” ujarnya.

Menurut dia, penggunaan Kewepo untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan guru. Guru akan membuat data penilaian keseharian murid, setelah itu akan disebarkan melalui Kewepo.

“Orangtua bisa melihat perkembangan penilaian anak menggunakan email, guru penilai mengirimkan hasil penilaian ke orangtua,” ucapnya.

Ia mengatakan, penilaian langsung menggunakan email juga akan mendukung go green, karena tidak banyak menggunakan kertas untuk mencetak.

“Sangat perlu dan perlu dukungan untuk menyosialisasikan penggunaan digital. Karena saat ini, orang mau tidak mau, siap tidak siap, sudah menggunakan digital namun pemanfaatannya orang tidak tahu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IGI Banten Tubagus Saiful Bahri mengatakan, pihaknya ingin menginformasikan kepada guru untuk memanfaatkan smartphone mereka dalam pembelajaran.

“Kami sosialisasikan pemanfaatan penggunaan smartphone mereka menggunakan email sebagai langkah awal. Setiap guru yang sudah terkoneksi bisa dicek langsung,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here