Gurih dan Manis ”Mango Sticky Rice”

Mango sticky rice

Mango sticky rice merupakan salah satu makanan penutup yang saat ini menjadi favorit masyarakat, khususnya menu buka puasa kuliner di Kota Serang. Selain menjadi desert, menu ini bisa menjadi santapan berbuka puasa yang cocok setelah seharian penuh berpuasa. Menu yang berisi nasi ketan, mangga segar dan disiram dengan santan membuat rasa terasa pecah saat mendarat dimulut. Rasa gurih dari ketan dan ditambah manisnya buah mangga menjadikan makanan ini memiliki rasa yang unik.

Di tangan salah satu owner Dapur Mama Triana, Raissa Elvaretta, mango sticky rice dibuat unik dan banyak masyarakat Kota Serang yang menyukainya. Mango sticky rice tersebut disiram dengan fla yang tentunya menjadikan rasa menjadi lebih lezat. “Mangganya pun tidak semua jenis mangga yang dipakai, saya memakai mangga jenis harum manis,” ujar Raissa.

Menurutnya, untuk membuat menu ini cukup mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan banyak cocok menjadi resep untuk ramadan ini. Hanya cukup menyediakan beras ketan putih atau merah, mangga, daun pandan, air, garam, gula pasir dan fla. Tentunya penyajian mango sticky rice ini pun tidak perlu lama menunggu. “Kupas mangga dan potong memanjang atau sesuai selera kemudian dinginkan dalam kulkas. Setelah itu, didihkan air, masukkan ketan, garam dan daun pandan. Aduk hingga air berkurang. Kukus ketan dan masak hingga ketan matang. Masukkan santan dan gula ke panci, didihkan di atas api kecil dan aduk hingga gula larut. Kemudian dinginkan,” tuturnya.

mango sticky rice dijual online

Raissa menuturkan, makanan ini menjadi salah satu menu favorit yang ada di dapur mama Triana. Namun, selama ini penjualan mango sticky rice yang dijualnya masih dalam sistem online di beberapa media sosial, salah satunya instagram.  “Pemesanan lebih banyak daerah Labuan, Pandeglang dan Kota Serang,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, tidak hanya menggunakan buah mangga, tetapi ia juga memakai buah durian untuk pendamping ketannya. Sementara untuk jenis durian yang dipakai yaitu durian kupas Medan.
“Dalam sebulan bisa menghabiskan kurang lebih 25 kg mangga dan 15 box durian kupas, sementara untuk ketan bisa sampai 10 kg. Untuk harga 1 box mango sticky rice dan durian yaitu Rp 25.000,” tutur Raissa. (Tresna Mulyana Wati)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here