Kamis, 20 September 2018

Gunung Cupu di Pandeglang

Di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di Kampung Gunung Cupu, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang terdapat tempat yang dipercayai sebagai tempat kramat, dikenal dengan Gunung Cupu. Kuburan ulama yang terdapat di bagian lokasi tersebut telah menyedot banyak warga untuk berziarah.
Dari postur bangunan, tempat tersebut diduga sebelumnya merupakan punden berundak yang terbuat dari susunan batu.

“Ada sebuah gunung dengan punden berundak, sekarang digunakan orang untuk berziarah, diduga dulunya bekas punden berundak,” kata Direktur Banten Hertigae, Dadan Sujana kepada Kabar Banten, Kamis (6/7/2017). Sekilas tempat dengan dataran tinggi dihiasi tumpukan batu sama dengan bukit, yang membuat menarik terdapat makam seorang aulia dilengkapi beberapa sebaran batu slab yang terhampar. “Punden berundak, kemudian ada seorang ulama yang dikuburkan di situ, dikenalnya sekarang jadi Gunung Cupu,” ujarnya.

Karena keramat, lokasi tersebut juga dipercayai sebagian warga untuk melakukan ritual agar mendapatkan kesuksesan. Biasanya, lokasi yang ingin mendapat kesuksesan melakukan ritual memotong kerbau. “Sesereong menjalankan niatnya, misalnya ingin sukses, kemudian memotong kerbau di Gunung Cupu,” ucapnya.

Ia menjelaskan, punden berundak merupakan bentuk bangunan peninggalan manusia tempo dulu, utamanya banyak dihasilkan oleh manusia zaman batu. Model yang dihasilkan beragam, yang menyerupai hanya arsiteknya berbentuk tersusun berundak. “Banyak punden berundak itu,” tuturnya.

Selain Gunung Cupu, punden berundak juga terdapat di Desa Citorek, Kabupaten Lebak. Punden berundak di lokasi tersebut hingga kini masih terjaga. “Gunung Cupu sebagai punden berundak, seperti halnya punden berundak di Lebak Cibedug yang terkenal di Kabupaten Lebak,” katanya.  Ia mengatakan, punden berundak menjadi cikal bakal terbentuknya candi. “Punden berundak itu cikal bakal candi, kalau di Gunung Cupu sebetulnya kalau dikatakan gunung ga terlalu tinggi, di tempat ini tumpukan batu,” ujarnya. (Sutisna/”KB”)***


Sekilas Info

Kampung Warna Warni di Kabupaten Lebak

Di Kabupaten Lebak, tepatnya di Kampung Salahaur, RT 06/10, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkabitung terdapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *