Minggu, 25 Februari 2018

Gubernur Banten Ingin Proses Lelang Dimulai Desember

SERANG, (KB).- Organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten diminta untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Gubernur Banten, Wahidin Halim meminta, agar Desember 2017 sudah harus mulai lelang atau tender.

“Betul, arahan pak gubernur, agar dilakukan Desember, supaya awal 2018 sudah ada pemenangnya, sehingga pelaksanaannya punya rentang waktu yang cukup panjang,” kata Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Setda Banten, Mahdani, belum lama ini.

Kepada para OPD diminta untuk mempersiapkan perencanaan begitu juga dengan dokumen administrasinya, agar tidak menghambat proses tender. “Jadi, paling tidak OPD-OPD sudah menayangkan paket-paket kegiatan di SIRUP (Sistem informasi rencana umum pengadaan),” ujarnya.

Ia menjelaskan, jika kegiatan tersebut nantinya tidak disetujui saat evaluasi APBD Banten, perusahaan pemenang lelang tidak bisa menuntut. “Nanti klausulnya kami masukkan di SIRUP. Jadi, tidak ada masalah begitu misalnya kegiatan itu tidak disetujui,” ucapnya.

Wakil Komisi IV DPRD Banten, Thoni Fathoni Mukson mendukung rencana lelang lebih awal tersebut. “Saya setuju, memang sudah seharusnya seperti itu. Jadi, lelang lebih awal, ketika KUA-PPAS disepakati ada pagu indikatif 10 persen. Itu bisa berjalan duluan untuk mengejar waktu pelaksanaan,” tuturnya.

Dengan lelang lebih awal, diharapkan tidak ada lagi batal lelang, karena waktu yang mepet. “Dulu enggak ada, enggak bisa dilaksanakan, karena berkenaan dengan administrasi dan itu harus input online. Kalau sekarang sistem diperbarui, jadi bisa lebih dulu (lelang). Saya setuju, supaya proses lelang tidak molor, karena kan biasanya ada sanggahan segala macam,” katanya. (RI)***


Sekilas Info

Bau Menyengat di Jembatan Cigodeg

Warga Kecamatan Petir mengeluhkan tumpukan sampah yang berada di pinggir ruas jalan raya, tepatnya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *