‘Groundbreaking’ Citiplaza Kutabumi, NWP Retail Optimistis Bisnis Ritel Semakin Berkembang

Salah satu perusahaan real estate Indonesia, PT Nirvana Wastu Pratama (NWP Retail), optimistis bisnis ritel semakin berkembang. “Bisnis ritel itu mati adalah salah. Buktinya kami masih akan membangun 15 pusat belanja baru di seluruh Indonesia. Ini merupakan komitmen perusahaan. Kami optimistis bisnis dan industri ritel makin berkembang,” kata Teges Prita Soraya, Head of Operating Properties NWP Retail usai groundbreaking citiplaza Kutabumi, Rabu (17/7/2019).

Ia mengatakan, bisnis ritel tidak akan mati selama konsepnya original dan otentik, lokasi tepat, status sewa, dan segmen pasarnya sesuai. Dalam hal pemilihan lokasi, kata Teges, sangat menentukan berhasil tidaknya keberadaan pusat belanja tersebut. “Lokasi harus cukup strategis dan mudah dijangkau atau acessible. Sementara dalam radius sekian kilometer, masih belum ada pusat belanja, itu berkah buat kami untuk segera membangunnya,” tuturnya.

Ia mengatakan, sebelumnya, Citiplaza Kutabumi ini adalah pusat perbelanjaan yang bernama Kutabumi Junction. Namun, telah diakuisisi oleh NWP Retail sejak 2015 lalu. Pembangunan Citiplaza Kutabumi ini ditargetkan rampung pada April 2020 mendatang. “Lokasinya sangat strategis, dekat dengan daerah residensial yang menjadi cakupan utama sebuah community mall,” terang Teges.

Pusat perbelanjaan ini nantinya bakal dilengkapi dengan sarana rekreasi seperti bioskop, area bermain anak dan pusat kuliner. Memiliki luas lantai 6.052 m² dan luas area yang disewakan 4.537 m², Citiplaza Kutabumi bakal hadir dengan tampilan yang modern serta nyaman untuk pengunjung. “Nanti, bangunan tiga lantai ini bakal dilengkapi juga dengan tenant-tenant menarik. Contohnya seperti Cinemaxx, Super Indo, Mr. DIY dan juga foodcourt,” tuturnya.

Menurut Teges, selain lokasi, konsep juga memainkan peranan penting. Mal gaya hidup atau lifestyle mall baginya sudah terlalu umum. Oleh karena itu, NWP Retail menggali ceruk konsep yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan segmen pasar yang dibidik, yakni community mall.

Di kota-kota ada dua atau tiga, mal komunitas sangat dibutuhkan. Pasalnya, ada banyak kegiatan, terutama yang menyangkut kedinasan pada pemerintahan kota/kabupaten terkait wisata, budaya, kuliner, hobi, dan sosialisasi-sosialisasi kebijakan, belum terakomdoasi oleh gedung-gedung yang ada.

Tak mengherankan jika pusat-pusat belanja yang dikelola NWP Retail mencatat tingkat okupansi di atas rata-rata 90 persen dengan jumlah kunjungan puluhan ribu orang per hari. Menyusul kesuksesan 16 portofolio pusat belanja tersebut, NWP Retail akan membuka 16 pusat belanja baru untuk menambah daftar aset yang dikelola. Salah satu nya di Kutabumi, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, ujar Teges.

Teges mengatakan, rencananya NWP Retail akan melebar ke Kota Cilegon, Banten. Pihaknya mengklaim bahwa faktor lain yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kesuksesan pusat belanja adalah leveling atau klasifikasi.

Dalam groundbreaking ini, pihaknya juga memberikan donasi kepada anak yatim piatu dari Badan Kesejahteraan Umat Al-Muhajirin sebagai bukti kepedulian. “Citiplaza Kutabumi ini bakal menjadi destinasi wisata dengan akses yang mudah dan dekat serta menyediakan kebutuhan sehari-hari. Diharapkan, proyek pembangunan ini berjalan lancar dan bisa beroperasi 2020 nanti,” punkas Teges. (Dewi Agustini)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here