Gesbica UIN SMH Banten Beri Pendidikan Lewat Teater ‘Dukun-dukunan’

Suasana pementasan Teater Dukun Dukunan oleh Gesbica Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.*

SERANG, (KB).-¬†Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gesbica Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menggelar pertunjukan teater dengan judul “Dukun-Dukunan”, yang merupakan karya milik Moliere yang diadaptasi oleh Puthut Bukhori. Teater ini disutradarai oleh Nursilmi Astaji Barkah, dengan 7 aktor yang berperan di dalamnya.

Pimpinan Produksi Teater Maulana Ibrahim mengatakan, dalam ide ceritanya banyak mengandung pesan yang perlu disampaikan ke masyarakat, karena judul ini merupakan konten pendidikan. “Salah satunya adalah mengenai pekerjaan, dan persoalan tentang anak, maka judul ini yang kami angkat,” tuturnya, Kamis (17/1/2019).

Pementasan ini, kata dia, sebagai upaya Gesbica memberikan tempat para anggota Gesbica yang baru, untuk mengeksplorasi kemampuan. Kegiatan ini mengundang komunitas seni se-Banten, alumni-alumni Gesbica, serta masyarakat umum. Tujuannya memperkenalkan kepada masyarakat sajian yang telah dipelajari selama di organisasi.

Ia menjelaskan, alur cerita pementasan teaternya berawal dari sepasang suami istri yang hidup cukup sulit, disebabkan suami yang menganggur atau tidak memiliki pekerjaan. Hingga pada akhirnya istrinya memiliki ide untuk melakukan penipuan. Alasannya, sebelumnya ada pembantu rumah tangga yang mencari dukun untuk mengobati majikannya.

“Ide ceritanya yang menarik dan mendidik akan mampu menghipnotis penonton, serta sajian musik juga latar menjadi nilai lebih tersendiri,” ucapnya. (Besta/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here