Gerindra Akan Duduki Kursi Ketua DPRD Pandeglang

PANDEGLANG, (KB).- Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menempatkan 7 kursi wakil rakyat di DPRD Pandeglang pada hasil Pemilu Legislatif 2019. Partai peraih suara terbanyak ini diprediksi akan menduduki kursi Ketua DPRD Pandeglang periode 2019-2024.

Prediksi meraih kursi ketua dewan mendatang, karena hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 yang digelar KPU Kabupaten Pandeglang beberapa waktu lalu. Gerindra mendulang suara terbesar dan dipastikan akan menggantikan posisi Partai Golkar di DPRD Pandeglang.

Berdasarkan data di KPU, Partai Gerindra secara total meraup 86.610 suara mengalahkan Golkar yang hanya meraih 85.601 suara. Selain itu, Gerindra mampu menempatkan 7 wakil rakyat di kursi DPRD Pandeglang.

Sementara posisi ketiga diraih oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan meraih 80.422 suara yang menempatkan 6 kursi di DPRD.

Untuk Partai Demokrat meraih 70.929 suara dan menempatkan 6 kursi di DPRD, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meraih 6 kursi, PDIP meraih 5 kursi , PPP 5 kursi, Nasdem 3 kursi dan PAN 3 kursi. Sementara dua partai lainnya mendapat jatah 1 kursi di parlemen.

Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi mengatakan, berdasarkan rekapitulasi suara Partai Gerindra memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Pandeglang.

“Memang berdasarkan rekapitulasi Gerindra meraih suara terbanyak disusul Partai Golkar dan kemudian PKS, Demokrat, PKB, Nasdem dan PAN. Setelah itu ada Perindo, kemudian partai PBB,” kata Ahmadi kepada Kabar Banten, Selasa (14/5/2019).

Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Pandeglang Bayu Kusuma membenarkan hal tersebut. Menurut dia, partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu akan menduduki kursi Ketua DPRD Pandeglang periode 2019-2024.

“Memang kalau kita lihat angkanya, Partai Gerindra dipastikan menjadi ketua di DPRD Pandeglang,” tuturnya.

Menurut Bayu, mengenai siapa wakil yang akan diutus menjadi Ketua DPRD Pandeglang, saat ini partainya belum menentukan siapa orang tersebut.

“Ada mekanisme tertentu untuk partai menunjuk kadernya menduduki kursi ketua. Kami belum kepikiran ke arah itu, karena fokus mengawal suara Capres 02,” ujarnya.

Sementara Ketua DPD PKS Pandeglang Asep Rafiudin, merasa bersyukur atas perolehan suara yang diraih. Menurut dia, perolehan tersebut merupakan hasil maksimal.

“Alhamdulillah 2019 ini kita mendapatkan suara yang signifikan dibandingkan 2014 yang lalu. Mudah-mudahan dapat kita jaga amanah dari masyarakat Pandeglang,” katanya.

Menurut dia, PKS menempatkan masing-masing anggota Dewan di tiap daerah pemilihan (dapil). “Setiap dapil sudah terisi. Kalau 2014 kita dapat 5 ada satu yang kosong, 2019 ini semua Dapil kita terisi,” ujarnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here