Gerebek Maulid, Warga Persada Diajak Teladani Nabi Muhammad SAW

SERANG, (KB).- Warga Blok E Perumahan Persada Banten, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang menggelar acara peringatan Maulid Nabi SAW, di Musola Al-Falah lingkungan tersebut, Sabtu (1/12/2018).

Kegiatan yang diinisiasi ibu-ibu Majelis Taklim Al-Falah tersebut memberikan pesan kepada warga agar senantiasa meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang dihadiri seratusan warga tersebut juga diramaikan dengan sholawatan musik rebana, zikir, doa bersama, dan ditutup dengan gerebek ‘panjang mulud’ berbentuk kapal sebagai salah satu tradisi di Banten.

Kapal unik ini dihias dengan kertas warna-warni, kertas bermotif batik hingga kain perca. Isinya, mulai dari telur yang dibungkus wadah khas muludan, kopi, mi instan, sajadah, hingga pakaian.

H. M Syamsudin dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam tausiyahnya mengajak umat islam khsusunya warga Persada agar menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Tema maulid ini sangat baik, yaitu meneladani akhlak nabi supaya diterapkan dalam sehari-hari. Sebagai umat nabi, yang terpenting adalah mencari rido Allah SWT,” kata Syamsudin.

Menurutnya, salah satu akhlak Nabi Muhammad yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah membalas keburukan dengan kebaikan.

“Hidup bertetangga itu tidak layak hidup sombong. Jadilah warga yang bersyukur setiap saat. Balas keburukan dengan kebaikan. Jangan keras hati, jadilah pemaaf, memahami orang, tolong-menolong, lemah lembut. Jangan pernah balas keburukan dengan permusuhan, harus husnudzon saja sama orang. Sebagai orang yang beriman jangan berburuk sangka, karena sebagian dari berburuk sangka itu adalah dosa,” tuturnya.

Ketua RT 10/ RW 06 Ibnu Budi mengatakan, peringatan maulid nabi sebagai wujud syukur dan kegembiraan umat muslim menyambut hari lahirnya Rasulullah SAW.

“Semoga kita semua sebagai umatnya dapat mengikuti apa yang diajarkan Nabi Muhammad,” ujarnya, seraya berharap kegiatan maulid tersebut lebih meriah di tahun depan.

Ketua Panitia Hatifah Hanan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan cinta kepada rasulullah SAW dengan menjalankan sunahnya dalam kehidupan sehari-hari. “Dan mengimplementasikan tauladan Nabi Muhammad dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Ia juga berterima kasih kepada para donatur dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara maulid nabi tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DKM Al-Falah Imam Abdurrokhman dan Ketua Majelis Taklim Al-Falah Hj. Rahma. (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here