Gerakan Anyer Bersih, Bantu Pemkab Serang Atasi & Kelola Sampah

Prihatin dengan kondisi kebersihan di wilayah Anyer, organisasi pemuda dan organisasi masyarakat Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang membentuk gerakan Anyer Bersih. Gerakan tersebut secara sukarela terbentuk dengan harapan dapat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam menanggulangi dan mengelola masalah sampah khususnya di wilayah kawasan wisata Anyer.

Masalah sampah diyakini tidak akan dapat ditangani secara maksimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, dengan keberadaan gerakan Anyer Bersih yang memiliki sekretariat di Kampung Cempaka, Desa Anyer, diharapkan masalah persampahan dan lingkungan hidup di kawasan wisata tersebut dapat berkurang.

Ketua Umum Gerakan Anyer Bersih Erwin Saefullah mengatakan, Anyer Bersih merupakan sebuah gerakan yang terbentuk dari beberapa organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat di Anyer yang memiliki kesamaan visi bahwa persoalan kebersihan di wilayah Anyer ini dalam kondisi yang memprihatinkan.

Sementara, pihaknya menganggap bahwa pemda pun kalau menanggulangi seluruhnya sepertinya belum optimal. Walaupun kecamatan Anyer diberikan kewenangan untuk mengelola persampahan dan anggarannya ada setiap tahun.

“Tapi kami menganggap bahwa persoalan persampahan khususnya di wilayah Anyer itu tidak akan tertangani dengan baik kalau hanya dilaksanakan oleh pemerintah kecamatan. Oleh karena itu kami bersepakat pada 27 September 2018 menggabungkan diri dengan satu tujuan utama, menjadi mitra pemda menanggulangi dan mengelolola persampahan dan lingkungan hidup di wilayah Anyer, dan terbentuk lah gerakan Anyer Bersih,” katanya.

Meski pembentukan Gerakan Anyer Bersih belum dideklarasikan, menurut Erwin, pihaknya sudah melaksanakan berbagai kegiatan, mulai Oktober 2018, pihaknya melaksanakan pengkaderan pertama sebanyak 75 orang, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Budi Prihasto, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Serang Heri Azhari, Camat Anyer, Muspika dan beberapa tokoh masyarakat.

“Sekarang kami sudah beberapa kali melakukan supervisi dan asistensi serta kegiatan berlandaskan kesadaran lingkungan. Kami mensupervisi dan mendampingi 350 siswa SMP N 1 Anyer melaksanakan gerakan lingkungan, sampai ke bersihan Pantai Berok, terus kami juga terlibat di Anyer lunar festival, kemudian kami juga terlibat di peringatah hari sampah nasional yang digelar Polairut, itu kita hadirkan juga 175 anggota, dan kami juga ikut terlibat pembersihan pesisir Pantai Jayakarta,” tuturnya.

Untuk deklarasi, kata Erwin, awalnya di agendakan Januari 2019, agenda itu bahkan sudah disampaikan ke Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, namun, dengan beberapa pertimbangan diantaranya terkait pemilu dan adanya bencana tsunami yang melanda Kabupaten Serang, maka rencana tersebut di tunda.

“Deklarasi itu kita sudah sampaikan ke bupati, tapi ya itu banyak masukan dari teman-teman Anyer Bersih bahwa kalau deklarasi sebelum pemilu gak tepat waktunya. Jadi nanti setelah pemilu, dan sebelum pemilu ini kami juga gak ada kegiatan khusus yang digelar Anyer Bersih,” ujarnya.

Erwin mengungkapkan, pihaknya juga memiliki harapan besar kedepannya yakni ingin ada sistem pengelolaan persampahan terpadu di Anyer.

“Itu harapan kami terbentuk sistem pengelolaan persampahan di tiap desa di Anyer. Kemudian kami di Anyer Bersih kalau ada Izin Allah berharap bisa membuat stasiun pengelola antara sampah, itu cita-cita terbsar kami. Sehingga kalau desa punya pengelolaan sampah di lingkungannya kemudian ada tempat pengelolanya, saya pikir tingkat volume sampah di Anyer bisa turun,” ucapnya.

Sementara, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang Mas Budi Haryono menyambut baik terbentuknya gerakan tersebut, dengan begitu masyarakat dapat tergerak untuk mengelola sampahnya, sehingga permasalahan sampah semakin bekurang.

“Apalagi Anyer kan daerah wisata, jadi sudah seharusnya masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Gerakan Anyer Bersih ini juga diharapkan menjadi percontohan bagi kecamatan lainnya,” katanya. (Yomanti)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here