Gelandangan Pengemis dan Anak Jalanan Membandel

CILEGON, (KB).- Upaya petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon menertibkan gelandangan pengemis (gepeng) dan anak jalanan (anjal) seakan tidak berujung. Hingga H-5 Lebaran Idulfitri, para gepeng dan anjal masih banyak yang berkeliaran di Kota Cilegon. Petugas gabungan kembali menggaruk para anjal. Sedikitnya 4 anjal, 4 orang gila, serta 14 gepeng ditangkap saat menggelar razia, Rabu (21/6/2017).

Mereka didapatkan ketika para petugas melakukan patroli mulai dari Jalan Lingkar Selatan (JLS) hingga Lampu Stopan Damkar. Kepala Dinsos Kota Cilegon, Abadiyah mengatakan, Kota Cilegon setiap menjelang Lebaran memang menjadi target anjal dan gepeng. Ini karena warga Cilegon gemar memberikan infak dan sedekah. “Selain itu, Kota Cilegon kan daerah transit para pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak,” katanya saat ditemui di ruang kerja, Rabu (21/6/2017).

Ia menuturkan, sudah berkali-kali pihaknya melakukan razia selama Ramadan ini. Namun, para gepeng dan anjal yang wara-wiri di Kota Cilegon tidak pernah habis. “Setiap kali kami razia, orang yang terjaring berbeda-beda, selalu baru lagi. Mereka yang terjaring tetap didata dan dibina, agar tidak beroperasi lagi,” ucapnya.

Ia mengimbau, warga Cilegon dan para pengguna lalu lintas tidak memberi uang pada pengemis yang beroperasi di Cilegon. Hal tersebut, agar memberi efek jera para pengemis, sehingga tidak lagi beroperasi di Cilegon. “Beberapa pengemis yang terjaring sebelumnya ada yang kami antar ke rumahnya dia ternyata termasuk warga yang mampu, karena itu saya imbau warga dan pemudik tidak memberi uang pada para pengemis agar mereka jera,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kota Cilegon, Imam Adi Pribadi mengatakan, pada dasarnya pihaknya mem-backup kegiatan Dinsos Kota Cilegon. Biasanya, satu peleton personel Satpol PP dikerahkan setiap kali melakukan razia. “Kegiatan ini ranahnya Dinsos Kota Cilegon. Kalau kami hanya sekadar membantu,” tuturnya. (Sigit/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here