Genre Kota Cilegon Bantu Warga Cegah Covid-19

CILEGON, (KB).- Remaja Cilegon yang tergabung dalam Forum Generasi Berencana (Genre) Kota Cilegon terus melakukan aksi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Langkah yang dilakukan, diantaranya dengan terjun ke lapangan untuk melakukan edukasi kesehatan dan pencegahan Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, Genre sudah aktif sebelum Ramadhan denganmelakukan aksi mellui media sosial untuk tebarkan sosialisasi Work From Home dan kegiatan lainnya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Mereka ada yang melakukan aksi didunia maya, maupun ikut terjun kelapangan,” katanya kepada Kabar Banten, Senin ( 18/5/2020).

Dia menuturkan, seluruh Genre siap membantu program Pemkot Cilegon dalam hal ini DP3AKB. Apalagi, kata dia, saat ini jumlah penduduk di Kota Cilegon mencapai 400 ribuan. Mereka tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kota Cilegon.

“Genre harus bisa sebagai garda terdepan dalam ikut serta membantu Pemkot Cilegon dalam mensosialisasikan pencegahan Virus Covid-19 baik dalam dunia maya yang melalui medsos maupun turun langsung ke jalan bersama dengan staf DP3AKB,” ujarnya.

Para Genre, menurut Heni, harus paham betul kondisi di Kota Cilegon seperti apa. Karena dampak Covid-19 ini sangat luar biasa. Bukan saja permasalahan sosial melainkan, ekonomi dan juga lainnya karena Cilegon sebagai Kota Industry pasti banyak dampaknya.

“Yang jelas, dampak dari Covid-19 ini berimbas kemana saja, baik ekonomi, sosial juga pendidikan. Karenaitu, saya mengapresiasi kepada Genre yang telah aktif dan ikut serta membantu penanganan pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Salah satu anggota Genre Amir mengaku sudah membentuk tim dan jaringan forum Genre Kota Cilegon. Ia mencontohkan tim yang sudah ada yakni Cyber G, Khusus Covid-19, Gen-19 Relawan, Saka Kencana, Pik Remaja 30 dan lainnya.

Mereka yang tergabung dalam Genre harus bisa memberikan edukasi dan sosialisasi baik dalam Pamflet maupun dalam karya tulis baik di Medsos atau melalui whatsap grup masing-masing personel.

“Targetnya adalah, kaum milenial memahami arti dan pencegahan Covid-19 beserta pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

Dia menuturkan, Genre harus pro aktif ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti Kampung KB, Pencegahan kekerasan baik perempuan maupun terhadap anak, Ikut serta dalam dukungan Kota Layak Anak. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here