Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Kabupaten Lebak

LEBAK, (KB).- Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah kabupaten Lebak dan sekitarnya, Minggu (15/7/2018), sekitar pukul 14.26 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,8 terjadi dengan koordinat episenter pada 6,93 LS dan 106,37 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 42 km arah Tenggara Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada kedalaman 2 km.

Joko Siswanto, S.Sos, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, dalam siaran persnya mengatakan, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan sesuai dengan laporan masyarakat sekitar, gempa ini dirasakan di daerah Cikatomas, Cisolok, Cijaku, Cicurug, Cisaat, Kabandungan, Malingping, Panggarangan, Panimbang, Pelabuhan Ratu dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI). Sementara belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempabumi tersebut, ujarnya.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di zona Bayah. Hingga pukul 15.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” ujar Joko.

Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, ujar Joko. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here