Gelar Workshop, Pemkab Serang Tanamkan Sikap Antikorupsi ke Pejabat Eselon III

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali menggelar Workshop Tunas, Sistem, dan Komite Integritas, jika sebelumnya workshop dilakukan kepada pejabat eselon II, kali ini pemkab Serang melakukannya ke pejabat eselon III. Kegiatan tersebut, sengaja dilakukan, untuk menanamkan sikap antikorupsi dan berintegritas di pegawai Pemkab Serang.

“Kegiatan workshop ini kedua kalinya pertama di April itu eselon II dan sekarang eselon III. Nanti di November gabungan,” kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, dalam kegiatan Workshop Tunas, Sistem, dan Komite Integritas di Lingkungan Pemkab Serang 2018, Kamis (25/10/2018).

Ia mengatakan, tujuan dilaksanakan workshop tersebut, untuk menanamkan nilai yang baik. Bahwa, semua pejabat sudah sepakat untuk menanamkan sikap antikorupsi dan berintegritas yang baik. “Karena, kami kan mengelola anggaran masyarakat, jadi sangat riskan di posisi itu. Makanya, kami sepakat mengadakan ini (workshop),” ujarnya.

Ia menuturkan, dengan adanya workshop tersebut, diharapakan menjadi bekal ilmu dan bisa saling memperkuat serta mengingatkan internal terkait integritas yang baik. “Kami berupaya bisa selamat dunia akhirat, masyarakat bisa puas dan kami tidak ada persoalan,” ucapnya.

Menurut dia, selama ini pengelolaan keuangan di Kabupaten Serang sudah berjalan baik. Hal tersebut terlihat dari sudah diraihnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 7 tahun berturut-turut. “Secara mekanisme akuntansi keuangan kami sudah di track yang benar, karena sudah 7 tahun dapat WTP,” tuturnya.

Kemudian, terkait kinerja, berdasarkan penilaian menpan pada awal kepemimpinannya diakui masih banyak pemborosan anggaran. Namun, perlahan tetapi pasti penilaian meningkat. Dengan penilaian ini, kata menpan, kinerja pemkab sudah di track yang seharusnya. Jadi, anggaran itu untuk menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. “Penggunaan anggaran sudah menjawab persoalan yang diminta masyarakat,” katanya.

Sementara, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Serang, Epi Priatna mengatakan, peserta yang mengikuti workshop tersebut, sebanyak 42 orang, seluruhnya merupakan kepala bagian di Pemkab Serang. “Dengan menyusun rencana aksi yang dilakukan, adalah komitmen kami untuk berantas korupsi,” ujarnya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here