Gelar Workshop, BKKBN Banten Tingkatkan Kualitas SDM

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana, M.Si, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan workshop ‘Peningkatan Kualitas SDM di Lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Banten’, di salah satu resto di Kota Serang, Selasa (3/12/2019).*

SERANG, (KB).- Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Lingkungan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten untuk kemajuan bangsa dan negara khususnya kemajuan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Banten, BKKBN Banten menggelar workshop ‘Peningkatan Kualitas SDM’, di salah satu resto di Kota Serang, Selasa (3/12/2019).

Menghadirkan narasumber dari Quantum HRM Internasional yakni Prof. DR. Pribadijono, Ir. MS, seorang pakar dalam bidang organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen SDM, penyusunan standar dan kamus kompetensi, ahli Assessment Center dan Pengembangan Budaya Organisasi serta Assessor Senior, kegiatan tersebut diikuti seluruh pejabat dan staf di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Banten.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Aan Jumhana menyampaikan bahwa di era revoluasi industri 4.0, SDM di Indonesia dituntut harus memiliki kemampuan yang unggul dan mampu bersaing secara global.

“Kemajuan industri ini tidak cukup hanya dengan dukungan infrastruktur yang memadai tetapi juga harus didukung oleh peningkatan kualitas SDM, khususnya di lingkungan pemerintahan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menghadapi persaingan global tersebut, setiap individu harus memiliki keterampilan baik dalam hal menggunakan teknologi maupun mampu meningkatkan kualitas kinerja. Dimana peningkatan kualitas SDM ini juga menjadi salah satu target utama pembangunan dari Kabinet Kerja Jilid II yaitu peningkatan kualitas SDM.

“Harapannya dengan meningkatnya kualitas SDM, kualitas pelayanan dan pembangunan pun akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mau dan mampu meningkatkan kualitas diri sehingga dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dan mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan Negara,” ujar Aan.

Ia mengatakan, SDM yang ada di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Banten terbatas, maka penting rasanya untuk dapat meningkatkan kualitas diri sehingga dengan jumlah yang terbatas tersebut kita tetap bisa bekerja maksimal dengan memberikan kualitas kinerja yang baik.

“Dengan kualitas kinerja yang meningkat, diharapkan akan mampu meningkatkan pencapaian program KKBPK, khusunya di provinsi Banten,” ujar Aan.

Sementara itu, Prof. Pribadijono dalam paparannya menjelaskan tentang elemen-elemen pemimpin berkinerja unggul. Di antaranya Leader as Vision Creator,  Leader as Team Builder, Leader as Task Allocator, Leader as People Developer, Leader as Motivation Stimulator.

Ia mengatakan, seorang pemimpin harus bisa merumuskan dan mewujudkan visi tim, dan mampu memberikan kesempatan kepada setiap anggota tim untuk bersama-sama meraih tujuan tim.

Leadership  adalah a state of mind. Leadership adalah mengenai visi, spirit, dan karakter, menyatukan berbagai individu untuk bekerja bersama dalam suatu tim,” ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here